Ada Dugaan Penyalahgunaan Dana Hibah di KONI Sulteng, Polda Lakukan Penyelidikan

Penyalahgunaan dana hibah di KONI Sulteng
Kapolda Sulteng Irjen Polisi Agus Nugroho (kiri) bersama Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Polisi Djoko Wienartono saat bertemu sejumlah jurnalis di Kota Palu, Kamis 4 Mei 2023. / ReferensiA.id

“Ke bidang hukum saja, konfirmasi Natsir Said, karena sampai dengan saat ini saya tidak mengetahui sesuai pemberitaan tersebut,” kata Nizar saat dikonfirmasi.

Namun begitu, dia menyebut KONI Sulteng justru mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam mengelola dana hibah 2021 tersebut.

Dana hibah PON 2021 kami mendapatkan WTP dari BPK RI,” ujarnya.

Pengurus KONI Sulteng Bidang Pembinaan Hukum Olahraga Mohamad Natsir Said yang dikonfirmasi menjelaskan, sejauh ini belum ada pemberitahuan resmi dari pihak kepolisian terkait penyelidikan kasus di KONI Sulteng.

Natsir justru mempertanyakan tolok ukur adanya dugaan penyalahgunaan dana hibah itu. “Yang pertama yang ingin saya katakan, apa yang menjadi tolok ukur penyalahgunaan itu? Tapi yang jelas dari kami (KONI Sulteng) belum ada yang diperiksa atau dimintai keterangan soal itu,” sebut Natsir.

Meskipun begitu, dia mengisyaratkan KONI Sulteng siap menghadapi kasus yang tengah diselidiki oleh penyidik di Polda Sulteng.

“Setiap orang punya hak untuk melapor, setiap orang berhak mengawasi, apalagi ini dan hibah,” katanya.

Dia memastikan KONI Sulteng akan kooperatif menghadapi proses hukum jika nantinya kasus tersebut sampai kepada tahap penyidikan.

“Kita selalu terbuka, bukan hanya kepada kepolisian, secara kontinyu kita juga melaporkan penggunaan anggaran ke Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga), karena memang dana hibah ini tidak langsung ke KONI pengelolaannya, tapi melalui Dispora,” tandasnya. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *