Anak Muda Pegiat Seni Tradisional di Kota Palu Deklarasi Dukung Ahmad Ali

Pegiat seni tradisional di kota palu
Puluhan anak muda pegiat seni tradisional di Kota Palu mendeklarasikan diri memberi dukungan untuk Ahmad Ali pada pemilihan gubernur di Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Puluhan anak muda pegiat seni tradisional di Kota Palu, Sulawesi Tengah mendeklarasikan diri sebagai Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali.

Deklarasi itu sebagai bentuk dukungan untuk memenangkan Ahmad Ali yang disebut-sebut bakal bertarung pada pemilihan gubernur Sulawesi Tengah pada November 2024 mendatang.

Nama Ahmad Ali yang masuk dalam bursa pemilihan gubernur Sulawesi Tengah (Pilgub Sulteng) 2024 disebut-sebut menjadi salah satu kandidat terkuat.

Selain partai politik (parpol), dukungan dari masyarakat khususnya kelompok relawan terus bermunculan

Pada Minggu, 9 Juni 2024 malam, puluhan generasi Z resmi mendeklarasikan dukungan. Kelompok ini menamakan dirinya Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali.

Deklarasi itu digelar di Kantor Banuata, Jalan Teluk Tomini, Kota Palu. Sesuai namanya, komposisi Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali dihuni oleh anak-anak muda yang selama ini berkecimpung di dunia kesenian tradisional.

Pembentukan Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali diinisiasi oleh para pegiat seni dari Banua Tari Kabasara dan Komunitas Pemuda Berbudaya Sulteng.

Acara deklarasi diawali dengan penampilan tarian Bangubinge Tara, sebuah tarian yang menggambarkan perempuan Kaili Tara, salah satu sub Suku Kaili yang mendiami Lembah Palu.

Puluhan pasang mata pun tertuju pada gerakan tubuh empat penari yang memperegakan Tarian Bangubinge Tara di depan panggung utama Kantor Banuata. Mereka tampil lengkap dengan busana hasil kreasi Banua Tari Kabasara.

Selain tarian Bangubinge Tara, Relawan Muda Seni Tradisi untuk Ahmad Ali juga mengisi acara deklarasi dengan lantunan musik etnik.

Koordinator Relawan Muda Seni Tradisi Ivha Abdillah, mengemukakan alasannya memutuskan bergabung dengan Banuata, komunitas relawan yang lebih dulu mendeklarasikan dukungannya kepada Ahmad Ali.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *