Iklan HUT Morowali PT Vale
News  

BNPB Berikan Dana Tunggu Hunian bagi Korban Abrasi Pantai Amurang

Korban abrasi pantai amurang
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, S.Sos., M.M. memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Bencana Abrasi Pantai di Kantor Bupati Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. / Komunikasi Kebencanaan BNPB/Alya Faradilla

ReferensiA.id- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan dukungan berupa dana tunggu hunian bagi korban abrasi Pantai Amurang, Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Dana itu dapat digunakan masyarakat untuk menyewa tempat tinggal sementara, sampai hunian tetap (huntap) yang baru terbangun.

“Bagi para pengungsi akan mendapatkan bantuan dari pusat yang namanya dana tunggu hunian,” jelas Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto S.Sos., M.M., seperti dikutip ReferensiA.id dari laman resmi BNPB, Minggu 19 Juni 2022.

Baca Juga:  Erupsi Semeru: 22 Korban Meninggal, 2.004 jiwa Mengungsi di 19 Titik

Suharyanto menyampaikan soal dana tunggu hunian itu saat meninjau kondisi terkini pascabencana abrasi pantai di Minahasa Selatan pada Jumat 17 Juni 2022.

“Kalau ada hunian sementara boleh saja. Nanti bisa ditempati hingga hunian tetap jadi,” imbuh Suharyanto.

Guna mendukung pelaksanaannya, Suharyanto meminta kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan untuk segera mendata seluruh masyarakat yang terdampak.

Baca Juga:  Sebanyak 15 Kejadian Banjir dalam Sepekan Awal Oktober

Di samping itu, pemerintah setempat juga diharapkan segera mengambil kebijakan untuk penyediaan lahan  hunian baru bagi masyarakat yang saat ini sudah terdampak maupun yang terancam abrasi pantai.

Pada pelaksanaannya nanti, Suharyanto mengatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sebagaimana praktik yang telah dilakukan guna penyediaan tempat tinggal bagi warga terdampak Awan Panas Guguran (APG) Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga:  BNPB Serahkan Bantuan Logistik dan Anggaran Rp1,5 M Pascabanjir Kalteng

“Saya akan minta bantuan ke Kementerian PUPR saja biar cepat. Mereka sudah punya prototipe seperti yang sudah ada bagi warga lereng Semeru,” jelas Suharyanto.

Kunjungan ke Minahasa Utara

Suharyanto memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan atas langkah cepat dalam penanganan bencana abrasi pantai yang melanda pesisir Pantai Boulevard Amurang pada Rabu, 15 Juni 2022.