Iklan HIV DPRD Sulteng

Cegah Pungli di Samsat, Kapolda Sulteng Berkunjung “Diam-diam”

Pungli di samsat
Kapolda Sulteng Irjen Polisi Rudy Sufahriadi saat melakukan sidak di kantor layanan Samsat Kota Palu. / Ist

ReferensiA.id- Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Polisi Drs Rudy Sufahriadi melakukan inspeksi mendadakan (sidak) ke kantor pelayanan Sistim Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Jalan Kartini Kota Palu, Sulawesi Tengah, Jumat 28 Oktober 2022.

Kedatangan Kapolda Sulteng secara diam-diam itu untuk mencegah dan memastikan tidak ada pungli di Samsat.

Kehadiran orang nomor satu di Polda Sulteng itu sontak mengejutkan petugas di Samsat dan masyarakat yang sedang antre menunggu pelayanan.

Baca Juga:  Kapolda Minta Maaf, Belasan Senjata Personel Polisi Diamankan

Perwira tinggi bintang dua di Polda Sulteng itu hanya didampingi ajudan dan pengawal tanpa didampingi pejabat utama Polda Sulteng.

Nampak sekali-kali Kapolda Sulteng melakukan dialog kepada masyarakat yang menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan petugas Samsat Kota Palu maupun petugas loket.

Terkait kunjungan Kapolda Sulteng ke kantor layanan Samsat, Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Polisi Didik Supranoto bilang sebagai tindak lanjut komitmen Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, untuk meniadakan pungutan liar (pungli) di semua sektor pelayanan.

Baca Juga:  Kapolda Sulteng Bagikan Hadiah Kambing Saat Tinjau Vaksinasi

“Komitmen Bapak Kapolri untuk tidak melakukan pungli, telah ditindak lanjuti Bapak Kapolda Sulteng dengan melakukan sidak di Kantor Samsat Palu,” jelas Kombes Polisi Didik Supranoto.

Didik pun meminta masyarakat untuk tidak memberikan peluang dan kesempatan karena adanya iming-iming yang diberikan masyarakat kepada petugas layanan.

“Ikuti aturan dan ketentuan dalam pelaksanaan administrasi registrasi dan identifikasi kendaraan maupun dalam pelaksanaan pelayanan kepolisian lainnya,” kata dia.

Baca Juga:  Pusat dan Daerah Beda Data Capaian Vaksinasi di Sulteng

Masyarakat juga diharapkan untuk peduli dan berani melapor apabila ada pungli yang dilakukan oleh oknum petugas Kepolisian saat melakukan pelayanan.

Pengaduan bisa disampaikan dengan mendownload aplikasi DUMAS PRESISI atau di Hotline Posko Dumas Presisi 0812-4596-7258. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News