Iklan Imlek DPRD prov

Gabungan 11 Komunitas Peringati Hari Pahlawan dengan Donor Darah Massal di Tolitoli

Donor darah
Sejumlah anggota komunitas otomotif sedang melakukan donor darah. / Ist

ReferensiA.id- Puluhan anggota komunitas otomotif yang tergabung dalam Bold Riders dan Bolderhood antusias mendatangi lokasi donor darah di Unit Donor Darah (UDD) Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Kegiatan donor darah digelar oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), belum lama ini.

Penanggung jawab kegiatan, Budi Baso dalam siaran pers yang diterima Sabtu (26/11/2022), mengatakan selain komunitas otomotif, donor darah massal juga melibatkan sejumlah mahasiswa dari kampus STIE Tolitoli, pelajar SMA Negeri 3 Tolitoli, serta anggota TNI AL Lanal Tolitoli. Selepas donor darah, peserta mengikuti kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan.

Baca Juga:  Rayakan Hari Pahlawan, Sekolah Sukma Bangsa Peringati Haul Panglima Itam

“Kolaborasi positif ini bertujuan untuk mengenalkan komunitas Bold Riders dan Bolderhood ke masyarakat, meningkatkan kesadaran untuk mendonorkan darah, sekaligus bersama-sama berdoa dan mengenang jasa-jasa para pahlawan,” ungkap Budi.

Program donor darah massal bagi komunitas dan masyarakat umum di Indonesia Timur ini merupakan bagian dari program Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022 yang sudah memasuki tahun ketiga.

Baca Juga:  Wagub Sulteng Minta PMI Buat Pamflet Imbauan ASN Ikut Donor Darah

Tahun ini kegiatan donor darah digelar bersamaan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022. Karena itu, kegiatan mengambil tajuk KITA adalah Pahlawan. Spirit hari pahlawan diharapkan dapat menjadi energi positif bagi setiap pendonor untuk terus berjuang di jalur kemanusiaan.

Sebanyak 726 komunitas di lebih dari 80 Kabupaten/Kota di Indonesia Timur tercatat ikut dalam program Bakti Pemuda Setetes Darah Untuk Negeri 2022. Calon pendonor yang sudah mendaftar untuk ikut kegiatan ini sudah mencapai 7.461 orang. Jumlah tersebut meningkat lebih dari 2.800 orang dibandingkan peserta tahun 2021 sebanyak 4.662 orang dengan jumlah darah yang berhasil dikumpulkan mencapai 4.547 kantong.