Iklan HUT korpri

Gubernur Temui 3 Kementerian, Ini Proyek Penting di Sulteng yang Dibahas

Proyek penting di sulteng
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura disambut Bupati Sigi Mohamad Irwan saat menghadiri upacara hari ulang tahun Kabupaten Sigi. / Ist

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) H Rusdy Mastura mengungkap sejumlah proyek penting di Sulteng sebagai kawasan penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Rencana proyek pembangunan merupakan hasil pertemuan dengan tiga kementerian baru-baru ini.

Tiga kementerian yang dimaksudkan adalah Kementerian Pertanian; Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; serta Kementerian Koperasi dan UKM.

Rusdy Mastura menyampaikan sejumlah proyek pembangunan itu saat menjadi inspektur upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 Kabupaten Sigi di lapangan Desa Kota Pulu, Kecamatan Dolo, Sigi, Senin 27 Juni 2022.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Sebut Arab Siap Bantu Bangun Kembali Masjid Agung

Gubernur mengatakan, dari pertemuan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Sulawesi Tengah diminta menyiapkan 30 ribu hektar lahan yang akan digunakan sebagai bagian dari super prioritas program Kementerian Pertanian.

“Insya Allah sesuai kesepakatan, 15 Juli nanti kami diundang untuk memaparkan konsep pertanian Sulawesi Tengah untuk program tersebut,” ungkap Rusdy Mastura.

Baca Juga:  Konsorsium PLTA Bongka Teken MoU, Jadi Proyek PLTA Terbesar di Indonesia

Selanjutnya, pertemuan dengan Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Pertemuan itu, mematangkan program Smart Village (Desa Cerdas) sebagai program nasional untuk peningkatan kualitas layanan pemerintahan desa dan daya saing masyarakat desa.

“Maka direncanakan akan launching bersamaan dengan penanaman perdana di kawasan pangan nusantara oleh Bapak Presiden, bulan September nanti,” urainya.

Selanjutnya dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Dari pertemuan itu, Menteri menyatakan akan memberi perhatian khusus bagi pembentukan dan penguatan koperasi dalam mendukung kawasan pangan nusantara di Sulawesi Tengah.

Baca Juga:  Eva Bande: Gubernur Sulteng Tidak Serius Tangani Konflik Agraria

Potensi Pertanian di Sigi

Mengenai Kabupaten Sigi yang sedang memperingati HUT ke-14, Gubernur menyampaikan bahwa kabupaten ini merupakan satu-satunya kabupaten yang tidak memiliki pantai di Sulawesi Tengah. Namun, memiliki potensi besar di sektor pertanian, perkebunan dan peternakan.