News  

Huabao Gandeng Pemdes dan Masyarakat Gelar Bersih-bersih Lingkungan di Tondo

Huabao
Aksi bersih-bersih sampah oleh pemerintah desa dan masyarakat yang berkolaborasi dengan Huabao di Desa Tondo Morowali. / Ist

ReferensiA.id- Pemerintah desa bersama masyarakat desa berkolaborasi dengan Huabao menggelar kegiatan bersih-bersih di wilayah Desa Tondo, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Jumat 1 Februari 2024. Aksi bersih-bersih itu masih dalam momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Kehadiran PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) atau yang dikenal dengan nama Indonesia Huabao Industrial Park (HUABAO) di Bumi Morowali Sulawesi Tengah diharapkan bisa terus memberikan dampak positif terhadap semuanya, termasuk terhadap lingkungan.

External Relations Manager Indonesia Huabao Industrial Park Cipto Rustianto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan penanganan sampah di Desa Tondo dengan berkolaborasi dengan pemerintah desa dan masyarakat di desa.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, khususnya penanganan sampah,” jelas Cipto.

Menurut dia, kegiatan ini juga merupakan bentuk edukasi terhadap masyarakat, bagaimana penanganan sampah yang baik, seperti pemilahan sampah sesuai jenis, jumlah dan/atau sifatnya, pengumpulan sampah ke tempat pengolahan residu, pengangkutan sampah dari tempat pengolahan residu ke TPA, pengolahan sampah dalam bentuk mengubah karakteristik, komposisi dan jumlah sampah, serta pemrosesan akhir dalam bentuk pengembalian sampah dan/atau residu hasil pengolahan sebelumnya ke media lingkungan secara aman.

Kepala Desa Tondo Ramadhan Ponga dalam kesempatan itu mengatakan, aksi ini merupakan salah satu tradisi masyarakat Morowali, khususnya Desa Tondo, bersih-bersih di masjid dan areal perkuburan umum menjelang Ramadan.

“Semoga ini menjadi contoh bagi desa-desa lain di area lingkar tambang,” katanya.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Desa Tondo Almubarak Mabir. “Kami berterima kasih kepada perusahaan yaitu Huabao yang mau berkolaborasi dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa terus berjalan setiap hari Jumat,” ungkap Mabir.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *