Iklan HUT Morowali PT Vale

Ini Peta Siaga dan Waspada Dampak Hujan Lebat di Sulteng 6-7 September 2022

Dampak hujan lebat di sulteng
BMKG

ReferensiA.id- Sejumlah wilayah di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) berstatus siaga dampak hujan lebat. Sementara beberapa wilayah lainnya, berstatus waspada. Hal itu berdasarkan prakiraan yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatalogi dan Geofisika (BMKG).

Dari data prakiraan yang dikeluarkan oleh BMKG, setidaknya ada tiga wilayah berstatus siaga dampak hujan lebat di Sulteng, yakni Kabupaten Banggai, Poso dan Tojo Una-una.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Sulteng Senin 17 Oktober 2022, BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk 8 Kabupaten

Sementara ada 8 wilayah yang berstatus waspada, yaitu Kabupaten Sigi, Donggala, Banggai Kepulauan, Morowali, Morowali Utara Tolitoli, Buol dan Kota Palu.

Adapun prakiraan dampak dari hujan lebat di Sulteng semisal tidak dapat dilintasinya jembatan yang rendah, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume aliran sungai meningkat/banjir serta aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Sulteng Jumat 14 Oktober 2022, BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk 8 Wilayah

Selain itu, BMKG setempat juga mengeluarkan imbauan bagi masyarakat terkait potensi dampak hujan lebat. “erhati-hati jika beraktivitas di luar rumah, memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial, mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan.”

Seperti diketahui, hari ini sejumlah titik di Sulawesi Tengah dilaporkan terendam banjir, bahkan beberapa akses jalan terputus pasca hujan mengguyur beberapa wilayah di Sulawesi Tengah, di antaranya putusnya jembatan penghubung di Kecamatan Gumbasa, Kabupaten Sigi. RED