Investasi Saham, Begini Tipsnya Biar Tidak Merugi

Investasi Saham
Kepala BEI Perwakilan Sulteng Putri Irnawati (paling tengah berdiri) bersama sejumlah jurnalis di Kota Palu. / Ist

“Jadi semua tergantung pada investornya. Karena ada beberapa tipe investor, ada yang agresif, ada yang konservatif dan ada yang moderat,” katanya.

Dari tiga tipe investor di pasar modal itu, investor tipe agresif dianggap paling berisiko. Sebab biasanya mereka siap jika investasi pokoknya berkurang atau hilang demi imbal hasil yang juga tinggi.

Delya pun mengimbau agar investor pemula untuk tidak mengikuti tipe investor seperti ini untuk mengurangi risiko. Dia bilang, menjadi investor di pasar modal harus memahami setiap instrumen yang ada. Termasuk memantau pergerakan saham dan kondisi emiten yang sahamnya akan dibeli.

Literasi Investor Sudah Lebih Baik

Catatan BEI, tingkat literasi masyarakat terhadap pasar modal juga terus membaik. Sehingga risiko investor pasar modal bisa merugi semakin kecil.

“Termasuk soal saham gorengan, sekarang masyarakat sudah tidak percaya lagi,” jelas Dendy Faizal Amin, traine di Kantor BEI Cabang Palu.

Semakin tingginya tingkat literasi masyarakat terhadap pasar modal juga tidak lepas dari upaya BEI yang giat melakukan sosialisasi.

Bahkan BEI Sulteng yang sudah menghadirkan 10 Galeri Investasi, baik secara konvensional maupun digital di Sulteng, salah satunya merupakan Galeri Investasi Edukasi, yang berada di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Palu.

Keberadaan Galeri Investasi BEI memang dihadirkan di kampus-kampus dan sekolah, hal ini juga berkorelasi dengan jumlah investor pasar modal di Sulteng yang didominasi oleh kaum milenial.

Robot Trading Bukan Bagian Pasar Modal

Generasi milenial memang tengah familiar dengan investasi, dalam bentuk apapun. Hal ini juga sejalan dengan banyaknya influencer di media sosial yang turut mengajak investor pemula untuk ikut berinvestasi.

Sayangnya, mereka yang tanpa edukasi dan literasi mumpuni, malah bisa jadi korban investasi bodong. Seperti kasus belakangan yang lagi ramai soal plikasi trading dan robot trading.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *