Iklan HUT korpri

Ketua DPRD Sulteng Sebut Tiga Strategi Tingkatkan Partisipasi Perempuan pada Pemilu 2024

Ketua DPRD Sulteng
Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira jadi pembicara Rapat Koordinasi Nasional Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Rangka Sukses Pemilu dan Pemilukada 2024, di Kabupaten Banggai. / Ist

ReferensiA.id- Ketua DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebut ada tiga strategi yang perlu digunakan untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam pentas politik, khusunya pada Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira, saat menjadi narasumber Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Dalam Rangka Sukses Pemilu dan Pemilukada 2024, yang digagas oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) di Kabupaten Banggai, Jumat 15 September 2022.

Baca Juga:  Nasdem Sulteng Buka Peluang Dukung Rusdy Mastura Lagi di 2024

Ada pun tiga strategi yang menurut Nilam Sari Lawira dapat meningkatkan partisipasi perempuan dalam pesta politik itu adalah; pengintegrasian prespektif gender dalam pembangunan kesetaraan gender.

Kemudian yang kedua, mengitegrasikan prespektif gender mulai dari perencanaan, penganggaran sampai pada pemantauan dan evaluasi.

Dan yang ketiga, pemberdayaan perempuan melalui upaya peningkatan kapasitas dan kualitas dalam bentuk woman in development (WID).

Baca Juga:  Nasdem Sulteng Siap Menangkan Anies Baswedan

Namun begitu, Nilam menyebut untuk serius terjun dalam politik, yang tidak bisa diabaikan adalah biaya politik, karena luasnya wilayah yang harus dijangkau untuk menemui konstituen.

“Untuk ketemu konstituen kan kita perlu konsumsi, perlu bahan bakar minyak dan lain-lain,” kata Nilam Sari.

Rakornas yang berlangsung di Hotel Esterella Luwuk Kabupaten Banggai itu diikuti oleh 500 peserta, berasal dari Dinas/Badan Kesbangpol se-Indonesia.

Baca Juga:  Tiga Alasan Ahmad M Ali Tak Mau Jadi Calon DPR di Pemilu 2024

Rakornas dibuka oleh Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri RI Bahtiar.