Iklan HUT Sulteng DPRD

Lebih 50 Tahun Beroperasi, Ini Kontribusi PT Vale di Luwu Timur

Kontribusi PT Vale di Luwu Timur
Sekitar 87 persen karyawan PT Vale adalah masyarakat lokal. / PT Vale

“Pada tahun 2021, PT Vale ‘menyekolahkan’ 170 karyawannya dari berbagai level untuk mengikuti Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PPI), Sertifikasi Insinyur Profesional (SIP) dan untuk mendapatkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI) di Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sebagai upaya meningkatkan kompetensi, profesionalitas, produktivitas sekaligus implementasi regulasi pemerintah terhadap UU Nomor 14 Tahun 2014 dan PP Nomor 25 Tahun 2019 terkait keinsinyuran,” jelasnya.

Masih terkait menyiapkan tenaga kerja andal, pada 1991 PT Vale mendirikan Akademi Teknik Sorowako (ATS). Tujuannya adalah menghasilkan pemuda-pemudi lokal terampil siap pakai. Pada 2004 untuk pertama kalinya ATS menyelenggarakan program pendidikan keahlian dengan nama Program Pelatihan Industri (PPI).

Komitmen Menjaga Kelestarian Lingkungan

Bayu Aji mengemukakan, sejak awal beroperasi, PT Vale memegang visi sebagai perusahaan tambang yang peduli kelestarian alam. Perusahaan memproduksi bijih nikel dengan menerapkan dan memanfaatkan teknologi ramah lingkungan.

Termasuk menciptakan energi bagi kebutuhan produksi dengan membangun dan mengoperasikan tiga pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yakni Larona, Balambano dan Karebbe dengan total kapasitas terpasang sebesar 365 megawatt.

Berkat PLTA tersebut, PT Vale mampu mengurangi emisi karbon sebesar 1.096.705 ton CO2eq per tahun dengan asumsi bahan bakar yang digunakan yaitu batubara atau 855.356 ton CO2eq per tahun jika bahan bakar yang digunakan adalah diesel.

Selain untuk kebutuhan operasional, energi listrik yang dihasilkan PLTA tadi juga didistribusikan sebesar 10,7 Megawatt untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Luwu Timur melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Kolaborasi PLTA dan keberadaan PLTA yang berkelanjutan tersebut, PT Vale tidak hanya mendukung ‘Program Langit Biru’ namun juga mampu menekan biaya produksi nikel dalam matte.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *