Iklan HUT Morowali PT Vale

Mensos Bantu Rp878 Juta di Sigi, Rp259 Juta Berupa Logistik di Kota Palu

Mensos
Menteri Sosial Tri Rismaharini berkunjung ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu 7 September 2022. / Ist

ReferensiA.id- Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi lokasi banjir di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu 7 September 2022. Dalam kunjungan itu, Menteri Risma menyerahkan bantuan bencana.

Kunjungan Mensos di Kabupaten Sigi bersama rombongan menyerahkan bantuan senilai Rp878 juta lebih. Bantuan itu diperuntukkan pembangunan lumbung siap siaga bencana.

“Karena kondisi medannya, karakteristiknya agak beda, tadi saya sampaikan ke Bupati Sigi kita buat lumbung,” ungkap Mensos Tri Rismaharini.

Baca Juga:  Polresta Palu Kenang 11 Personel yang Gugur Saat Bencana 2018 di Pantai Talise

Lumbung itu sebagai salah satu antisipasi ketika di masa mendatang kembali terjadi bencana serupa, daerah sudah punya persiapan.

“Semua tidak mau ada bencana, tapi tidak bisa kita tidak siapkan. Nanti kalau tiba-tiba terjadi warga masih bisa survive,” ujar Menteri Sosial Risma.

Sementara rencana mengunjungi posko banjir di Kota Palu batal dilakukan, lantaran Mensos punya agenda lain.

Baca Juga:  Korban Jiwa Akibat Banjir Bandang di Torue Bertambah, Sudah 3 Orang Dilaporkan Meninggal

Meski begitu, Kementerian Sosial (Kemensos) juga telah menyerahkan bantuan untuk warga terdampak bencana banjir di Kota Palu. Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Palu Hadianto Rasyid.

“Kita dapat bantuan dari Mensos juga, Alhamdulillah sudah tersalurkan juga,” ungkap Wali Kota Palu Hadianto Rasyid saat ditemui di lokasi selter pengungsian korban banjir di dekat Jembatan Palu III.

Baca Juga:  Banjir di Ampana Rendam 100-an Rumah Warga

Menurut Wali Kota Palu, bantuan dari Kemensos senilai Rp259 juta berupa logistik kebutuhan mendesak korban banjir luapan Sungai Palu.

Untuk diketahui, akibat banjir luapan Sungai Palu, sekitar 5.000 warga bantaran sungai yang tersebar di 5 kelurahan terdampak. Sementara sebanyak 420 jiwa terdata mengungsi di selter posko bencana. RED