Muharram Nurdin: Perlu Sinergitas untuk Wujudkan Kemandirian Pangan

Muharram Nurdin
Muharram Nurdin (tengah) saat menghadiri Seminar Nasional APPSI. / Ist

ReferensiA.id- Wakil Ketua III DPRD Provinsi Sulteng H Muharram Nurdin S Sos MSi menekankan pentingnya sinergitas antara pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat dalam mengoptimalkan kerja sama perdagangan produk unggulan antar daerah.

“Hal ini bertujuan untuk berupaya pengembangan dan pemasaran produk unggulan, harus didukung oleh infrastruktur yang memadai, peningkatan kualitas produk, serta akses pasar yang luas,” ujar Muharram Nurdin saat hadiri Seminar Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Swiss-Belhotel Kota Palu, Senin 25 September 2023.

Seminar mengusung tema “Evaluasi dan Optimalisasi Kerjasama Perdagangan Produk Unggulan Antar Daerah Dalam Rangka Kemandirian Pangan”.

Muharram Nurdin menyampaikan bahwa seminar nasional ini merupakan wujud komitmen APPSI dalam mengembangkan kerja sama perdagangan produk unggulan antar daerah guna mencapai kemandirian pangan di Indonesia.

Dia berharap kiranya seminar nasional APPSI ini dapat menghasilkan suatu rekomendasi dan strategi yang konkret dalam mengoptimalkan kerja sama perdagangan produk unggulan antar daerah.

Nantinya, kata dia rekomendasi tersebut dapat diimplementasikan dengan baik oleh pemerintah daerah guna mewujudkan kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia.

Gubernur Sulteng H Rusdy Mastura saat membuka kegiatan seminar menyampaikan bahwa Provinsi Sulteng memiliki begitu banyak karakteristik dan sumber pertanian yang kuat.

“Yang sejatinya menjadi potensi kita untuk mencapai kemandirian pangan, akan tetapi potensi ini belum terkelola secara maksimal. Padahal kemandirian pangan ini merupakan salah satu prioritas pembangunan yang harus dicapai untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan di masa mendatang,” kata Gubernur.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *