Pemprov Sulteng Pertegas Komitmen Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Pemprov Sulteng
M Sadly Lesnusa. / Ist

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdi Mastura melalui Asisten Administrasi Umum M Sadly Lesnusa menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulteng dalam rangka penurunan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Menurut Sadly Lesnusa, komitmen itu telah dituangkan lewat dokumen Rencana Aksi Daerah (RAD) emisi GRK provinsi dan masterplan green economy berbasis sumber daya alam terbarukan.

Bahkan pemprov Sulteng juga mendorong tindak lanjut kebijakan ini hingga lahir RAD emisi GRK tingkat kabupaten kota.

“Semoga pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, pelaku usaha serta para pihak dapat bekerjasama melalui aksi percepatan dan implementasi langkah-langkah mitigasi domestik,” pesan dia pada pembukaan Workshop II Sub Nasional Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Senin 3 Juli 2023, di Kota Palu.

Dia juga berpesan agar semua elemen berkolaborasi mendukung aksi mitigasi penurunan emisi GRK di Sulteng.

Sementara Sekretariat Tim Kerja Indonesia FOLU Net Sink melalui Kabag Program, Evaluasi dan Hukum Triyono Saputro menyebutkan, agenda utama Workshop II ialah pembahasan draft rencana kerja yang dihasilkan dari workshop pertama pada pertengahan Maret 2023 lalu.

Lalu draft final yang dihasilkan dari workshop hari ini akan dipaparkan pemerintah provinsi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akhir Juli 2023.

“Semoga peserta dapat berkontribusi aktif memberi masukan-masukan, utamanya dari tingkat tapak yakni para KPH (Kesatuan Pengelolaan Hutan),” ujarnya. Hal itu demi menyempurnakan draft yang ada.

Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid dengan peserta meliputi pejabat utama Kementerian LHK, Dinas Kehutanan Provinsi dan OPD teknis, Kepala Balai Kementerian LHK di Sulteng, akademisi dan lembaga non pemerintahan. Serta hadir secara langsung Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulteng Muhammad Neng. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *