Pengelola Beberkan Penyebab KEK Belum Optimal

KEK Belum Optimal
Pengelolaan KEK Palu disebut belum optimal lantaran beberapa kendala, khususnya terkait infrastruktur. / Ist

ReferensiA.id- Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu membeberkan berbagai penyebab sehingga belum berjalan optimal.

Direktur Keuangan Pengelola KEK Palu, Salim menyampaikan kendala-kendala yang membuat KEK belum optimal. Masalah terbesar, kata Salim adalah banyak berkutat pada infrastruktur

KEK Palu masih bermasalah pada ketersediaan air, jaringan komunikasi, jalan-jalan sekunder, dan pembebasan lahan.

“Infrastruktur jalan yang ada sangat tidak reliabel dan sangat jauh dari KEK yang ada di Indonesia,” ungkap Salim dalam pertemuan dengan Wagub Sulteng Drs. H. Ma’mun Amir dan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Laksdya TNI Dr. Harjo Susmoro di ruang Polibu, Senin 28 Maret 2022.

Salim mengatakan, walau menghadapi kendala bukan berarti tidak ada terobosan yang dibuat pengelola. Ia mengatakan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan perusahaan-perusahaan dalam KEK, pengelola telah membenahi akses masuk-keluar dengan kartu akses.

Sekjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) Laksdya TNI Dr. Harjo Susmoro menyampaikan maksud kunjungannya dalam rangka Kegiatan Kunjungan Dalam Negeri (KKDN) untuk identifikasi dan perumusan masalah pengembangan KEK Palu. Pasalnya KEK Palu masuk dalam salah satu KEK yang belum optimal walau sudah beroperasi lebih dari 4 tahun.

Menanggapi pernyataan pengelola KEK, Harjo Susmoro dan rombongan akan mengobservasi KEK Palu yang nanti hasil-hasilnya akan jadi kebijakan pembangunan nasional.

“Semoga jadi role model atau benchmarking untuk menjalankan KEK lainnya,” kata jenderal bintang tiga itu.

Sementara Wagub Ma’mun Amir pada kesempatan itu mendorong agar pengelola membuat terobosan-terobosan memajukan KEK Palu.

“KEK bukan lagi kawasan yang menghabiskan anggaran tapi bagaimana mendapatkan penghasilan,” pungkasnya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *