Iklan HUT Sulteng DPRD

Remaja Diajak Ikut Bertanggung Jawab Cegah Stunting

Stunting
Ketua Komisi IV DPRD Sulteng Alimuddin Pa'ada. / Ist

ReferensiA.id- Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) Alimuddin Paada menjadi narasumber pada kegiatan Gerakan Remaja Peduli Stunting yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Provinsi Sulteng Bersama Forum Genre Sulteng, di Sriti Coventional Hall Palu, Selasa 14 Maret 2023.

Kegitan ini dibuka oleh Kepala Dinas P2KB Provinsi Sulteng Tuty Zarfiana, yang mewakili Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.

Pada kesempatan itu, Alimuddin Paada menyampaikan, Stunting adalah merupakan masalah gizi kronis yang diakibatkan kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang, sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak, serta menjadi salah satu penyebab tinggi badan pada anak terhambat dan lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

Alimuddin Paada juga menyampaikan, faktor penyebab terjadinya stunting pada anak di antaranya adalah kurangnya asupan gizi dalam waktu lama, pola asuh kurang efektif, pola makan, sakit infeksi yang berulang, tidak melakukan perawatan pasca melahirkan dan faktor sanitasi/lingkungan.

Selain itu, Alimuddin Paada juga menyampaikan bahwa menjalani masa remaja tidak selalu mudah, karena begitu besar tantangan-tangan dihadapi. “Maka dari itu diharapkan kepada para remaja agar kiranya dapat lebih bertanggung jawab atas dirinya dan mengenal diri sendiri lebih dalam serta mematuhi aturan-aturan yang ada, karena pencegahan stunting tidak hanya menjadi tanggung jawab bagi para orang tua atau bagi pasangan yang sudah menikah, akan tetapi anak-anak remaja pun memilki peran yang cukup penting dalam mencegah stunting melalui inovasi-inovasi dan kreativitasnya,” kata dia.

Ia juga meminta kepada pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat Sulteng, khususnya kepada para remaja yang merupakan generasi bangsa dan negara agar kiranya dapat berperan lebih aktif dan bekerja lebih keras lagi, dalam hal penurunan angka stunting dan mencegah terjadinya stunting di wilayah Sulteng.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *