Sulteng Belajar Cara Berdayakan Disabilitas di Dinsos DKI Jakarta Lewat Perda

Sulteng
Pansus II bersama Kadis Sosial Sulteng lakukan studi komparasi Raperda Penyandang Disabilitas di Provinsi DKI Jakarta. / Ist

ReferensiA.id- Tim Pansus II DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) yang diketuai Alimuddin Paada dan di dampingi Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah Sitti Hasbia N Zaenong melakukan kunjungan ke Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Kunjungan itu dalam rangka melakukan studi komparasi Raperda Penyandang Disabilitas Provinsi DKI Jakarta.

Kedatangan rombongan dari Sulteng itu diterima Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Maria Margaretha, Kamis 16 Maret 2022.

Dalam sambutanya, Maria mengatakan Jakarta mempunyai 22 panti yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta. Panti tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai dan dibutuhkan, untuk menunjang kegiatan mereka yang menempati panti tersebut.

Khusus panti untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta juga menyediakan klinik untuk pengobatan mereka.

Selain itu, pemerintah setempat juga memberdayakan para penyandang disabilitas dengan mempekerjakan mereka di beberapa sektor industri.

“Dinas Sosial Provinsi Jakarta juga bekerja sama dengan pihak hotel-hotel dan perusahaan yang ada di DKI Jakarta untuk dapat memanfaatkan dana CSR perusahaan tersebut dengan mempekerjakan orang – orang yang berkebutuhan khusus (disabilitas),” katanya.

“Dan di tahun 2023 ini sudah semakin banyak penyandang disabilitas yang berkesempatan bekerja di hotel-hotel di jakarta. dan banyak pula para penyandang disabilitas di DKI Jakarta yang menjadi atlet para games dan menjadi juara di even khusus tersebut,” jelasnya.

Selain itu, menurut Maria Margaretha, dalam forum-forum perumusan kebijakan penyandang disabilitas juga dilibatkan untuk mendengar pendapat mereka.

Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta melalui pihak ketiga juga memberikan bantuan alat bantu dengar buat penyandang disabilitas yang membutuhkan sebagai upaya mendukung program-program pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *