AMSI Dorong Media Digital Jadi Jurnalisme Profesional

AMSI
Diskusi New Media AMSI di Kota Palu, Sulawesi Tengah. / Referensia.id

ReferensiA.id – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bakal membentuk kepengurusan di Sulawesi Tengah.

Rencananya, AMSI Sulawesi Tengah bakal dideklarasikan pada Minggu 31 Oktober 2021 besok.

Sejumlah media online yang berbasis di Sulawesi Tengah bakal jadi deklaratornya.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) AMSI Wahyu Dhiyatmika, proses pembentukan AMSI di Sulawesi Tengah sudah dilakukan selama setahun lebih.

Kehadiran AMSI nantinya diharap dapat menjadi wadah bagi pengelola media siber di daerah. Baik untuk meningkatkan kualitas konten maupun bisnis media.

“AMSI muncul sebagai jawaban atas pertanyaan pemangku yang berkepentingan dengan pers di Indonesia, apakah media online adalah standar terendah dari pers?,” kata Bli Komang, sapaan akrab Sekjen AMSI itu saat menghadiri secara virtual Diskusi New Media AMSI yang digelar di Kota Palu, Sabtu 30 Oktober 2021.

“AMSI ingin membongkar, membantah itu, bahwa media digital justru masa depan dari jurnalisme. Kita ingin media digital menjadi jurnalisme yang profesional,” katanya.

AMSI juga ingin menepis anggapan bahwa peluang bisnis media online tidak sehat. Menurutnya, peluang bisnis media siber sebenarnya sangat besar.

Peluang itu tidak terkecuali bagi media siber lokal. Namun perlu upaya bersama untuk membangun bisnis media siber yang sehat, salah satunya dengan membangun jejaring.

“Kami ingin katakan bahwa konten yang baik juga ditopang oleh bisnis media yang sehat. Itu yang perlu dipegang oleh AMSI Sulteng,” ujar Bli Komang.

AMSI ingin mendorong agar media siber, tak hanya di tingkat nasional, tapi juga di daerah, agar memiliki konten yang lebih baik, lebih banyak dibaca dan memiliki bisnis yang makin sehat.

“AMSI ingin menjadi pusat dari diskusi tentang ekosistem digital,” katanya.

Dia menambahkan, ketika berbicara soal ekosistem digital media, AMSI seharusnya jadi rujukan utama.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *