Iklan HUT Morowali PT Vale

Cek Fakta: Tidak Benar Video Buaya Seret Seorang Warga di Kota Palu

Buaya seret warga di kota palu
Tangkapan layar potongan video seekor buaya tengah menerkam warga yang disebut-sebut terjadi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, namun dipastikan informasi tersebut tidak benar. / Ist

ReferensiA.id- Masyarakat dihebohkan video beredar dengan berbagai narasi seolah kejadian seekor buaya seret seorang warga di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Untuk memastikan informasi yang beredar di grup-grup percakapan dan sosial media tersebut, ReferensiA.id melakukan cek fakta dengan menggunakan sejumlah peralatan penulusuran digital, antara lain Google Reverse Image, Google Street View dan Google Maps.

Baca Juga:  Cek Fakta: Tidak Benar Ambulans Jalan Sendiri Bawa Jenazah di Ampana Sulteng

Dari hasi penelusuran yang dilakukan tim cek fakya, ditemukan video itu sudah diunggah sejak beberapa hari lalu di berbagai platform dan situs, seperti Twitter, Youtube dan Dailymotion.

Keterangan di berbagai situs itu menyebutkan video tersebut direkam di Meksiko.

Untuk memastikan lokasi kejadian, tim cek fakta ReferensiA.id pun melakukan penelusuran lokasi pasti kejadian dengan menggunakan beberapa alat penelusuran digital.

Baca Juga:  Polisi Tangkap Pencuri di Puluhan TKP, Termasuk 1 Pelaku Kasus yang Viral di Facebook

Berdasarkan hasil penelusuran itu, ditemukan lokasi yang sangat mirip di Negara Meksiko dengan lokasi yang ada di dalam rekaman video viral buaya yang tengah berenang sambil menyeret seorang warga.

Buaya seret seorang warga di kota palu
Lokasi yang diduga jadi tempat kejadian buaya menerkam seorang warga berdasarkan hasil penelusuran ReferensiA.id. / Google Street View

Buaya yang menerkam warga lalu videonya viral itu diduga terjadi di Laguna Del Calpintero, Kota Tampico, Meksiko.

Sehingga, berdasarkan hasil penelusuran tim cek fakta ReferensiA.id, bisa dipastikan informasi video menerkam seorang warga tersebut tidak benar terjadi di Kota Palu. RED