Waspada Modus Penipuan Mengaku Kurir Paket Kirim Pesan WA

Modus penipuan mengaku kurir paket
Ilustrasi penipuan dengan modus mengaku kurir paket. / Ist

ReferensiA.id- Saat ini sedang ramai di sosial media warga menerima pesan singkat di aplikasi WhatsApp (WA) dari kurir paket yang mengkonfirmasi resi kiriman. Modus penipuan mengaku kurir paket ini bisa menyebabkan kerugian bagi masyarakat.

Pengirim pesan mengaku kurir paket, dan seolah sedang ingin memastikan penerima pesan adalah konsumen yang akan menerima paket tersebut.

Salah satu hasil tangkapan layar warga yang menerima pesan singkat modus tersebut memperlihatkan percakapan, seolah kurir paket yang ingin memastikan konsumen penerima paket.

Pengirim pesan yang mengaku kurir paket dari salah satu perusahaan jasa pengiriman barang itu kemudian mengirimkan sebuah file dengan tulisan “Lihat Foto Paket”.

Namun jika dicermati, file yang dikirim bukanlah sebuah foto, namun berupa file APK (Application Package File).

Seperti diketahui, file APK adalah berkas paket aplikasi yang biasanya digunakan untuk mengirim dan memasang perangkat lunak atau software di gadget atau gawai.

Sehingga disimpulkan, jika file APK tersebut diklik oleh penerima pesan, kemungkinan akan secara tidak sengaja memasang sebuah perangkat lunak yang sudah dimodifikasi untuk tujuan tertentu oleh pelaku. Hal ini tentu dapat merugikan masyarakat.

Terkait modus penipuan berkedok kurir paket ini, sebelumya salah satu perusahaan jasa pengiriman paket, J&T juga telah memberikan imbauan lewat akun resmi mereka di Instagram.

“Mohon untuk selalu waspada & berhati-hati dengan oknum yang mengatasnamakan J&T Express ya!,” Tulis keterangan di akun Instagram jntexpressid, dikutip ReferensiA.id pada Selasa, 6 Desember 2022.

Lanjut keterangan pihak J&T, Sprinter J&T Express Tidak Pernah meminta J&T Friends untuk mengunduh aplikasi melalui Whatsapp atau chat.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *