News  

Caritas Germany Gelar Pelatihan Pelatih Pengembangan Program Desa Tangguh Bencana

Desa Tangguh Bencana
Peserta pelatihan untuk pelatih pengembangan program desa tangguh bencana. / Panitia

ReferensiA.id – Sejumlah masyarakat desa diberi pelatihan pelatih pengembangan program desa tanggu bencana.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh Perkumpulan Inovasi Komunitas (Imunatis) Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Caritas Germany (German Caritas Association).

Program pelatihan untuk pelatih atau Training of Trainer (ToT) Pengembangan Program Desa Tangguh Bencana itu di gelar di salah satu hotel di Kota Palu, pada 25 hingga 30 Oktober 2021.

Kata Koordinator Program Moh Safir, kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengembangan Program Desa Tangguh Bencana Berdasarkan Prinsip Mojagai Katuvua (Menjaga Alam).

Salah satu tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kapasitas desa dalam ketangguhan bencana atau pengurangan risiko bencana (PRB).

“Konsep Desa/Kelurahan Tangguh Bencana sangatlah penting untuk diimplementasikan agar desa atau kelurahan memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya, dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana alam maupun non alam,” Ujar Moh Safir.

“Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang menerapkan prinsip-prinsip pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca bencana,” kata dia.

Selain pengetahuan tentang desa tangguh bencana (Destana) dan pengurangan risiko bencana, dalam pelatihan ini juga diharapkan peserta mampu membangun kerja sama multi pihak, mulai dari tingkat desa sampai tingkat kabupaten dan kota, sehingga diharapkan dapat menyuarakan kepentingan masyarakat terkait isu bencana kepada para pengambil kebijakan.

Kebijakan yang dibuat juga mempertimbangkan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam upaya penanggulangan dan pengurangan risiko bencana.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News