Danau Toba Jadi Ikon Doodle Hari Ini, Letusannya Membentuk Pulau Samosir

Danau Toba
Google Doodle

ReferensiA.id- Google Doodle hari ini menampilkan gambar Danau Toba sebagai ikon di tampilan utama pencarian mereka. Hal itu sebagai peringatan ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu global park oleh UNESCO sejak tiga tahun lalu.

Dikutip dari laman Google Doodle, hari ini mereka merayakan Danau Toba, danau yang berada di pulau Sumatera Indonesia. “Ini adalah danau kawah terbesar di dunia dan salah satu danau terdalam di dunia. Danau Toba adalah hasil alami dari letusan gunung berapi besar-besaran dari Kaldera Toba ribuan tahun yang lalu. Danau Toba juga menawarkan pemandangan indah dan merupakan rumah bagi UNESCO Global Geopark. Pada hari ini di tahun 2020, Danau Toba ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark,” tulis keterangan di laman Google Doodle, Kamis 31 Agustus 2023.

Disebutkan, Kaldera Toba meletus lebih dari 74.000 tahun yang lalu dan menciptakan Danau Toba. Letusan besar menyebabkan ruang magma gunung berapi runtuh, yang akhirnya membentuk pulau yang sekarang dikenal sebagai Samosir. Pulau ini adalah tujuan wisata terkenal dan rumah bagi beberapa suku etnis asli.

Dalam merayakan Danau Toba, penting juga untuk mengenali masyarakat adat Batak Toba yang merupakan penduduk asli danau. Desa-desa tradisional mereka penuh dengan pasar lokal dan rumah-rumah menakjubkan menarik pengunjung yang penasaran dari jauh dan luas.

Di desa-desa itu umum untuk melihat tarian tradisional seperti Tor-Tor dan suvenir ukiran kayu otentik.

Banyak wisatawan juga mengunjungi Danau Toba untuk berbagai kegiatan di luar ruangan dan keajaiban alam yang menakjubkan.

Mereka yang tidak takut ketinggian mengunjungi Huta Ginjang untuk pergi paralayang, sementara yang lain yang lebih suka air dapat bersantai di pantai atau kayak melalui danau.

“Air terjun Sipiso-piso di dekatnya juga dikatakan sebagai pengalaman luar biasa yang menghapus semua kekhawatiran.” RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *