Iklan HUT Morowali PT Vale

Hebat, 8 Siswa dari Tiga Sekolah di Palu Masuk Final ISPO

Sekolah di Palu Masuk Final ISPO
Empat siswa MAN Insan Cendekia Kota Palu menerima sertifikat penghargan dari Presiden ISPO setelah lolos jadi finalis ISPO 2022. / Kemenag Sulteng

ReferensiA.id – Delapan siswa dari tiga sekolah berbeda di Kota Palu, Sulawesi Tengah menunjukkan kualitasnya di level nasional. Mereka berhasil lolos jadi finalis pada event Indonesia Sains Projet Olimpiade (ISPO) 2022.

ISPO adalah sebuah kegiatan olimpiade proyek penelitian dalam bidang sains, teknologi, lingkungan, dan komputer. Kegiatan ini melibatkan para generasi muda Indonesia yang bersekolah di tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK se-Indonesia.

Kegiatan ISPO mendorong para remaja untuk mencintai ilmu pengetahuan, membudayakan berfikir ilmiah, melakukan penelitian dan mengembangkannya, dan menghasilkan produk ilmiah.

ISPO telah mengumumkan para finalis di laman resminya, termasuk siswa dari tiga sekolah di Palu yakni MAN Insan Cendekia (kategori Kimia) SMA Negeri 1 Palu (kategori Kimia), dan SMP Negeri 1 Palu (kategori Teknologi dan Robotika).

Ada empat siswa MAN Insan Cendekia yang lolos final dengan judul penelitian berbeda. Nurul Syafira dan Nurul Fadilah Salsabila mengajukan penelitian berjudul Pemanfaatan Enzim Peroksidase Akar Lobak (Raphanus Sativus) Sebagai Biokoagulan untuk Pengolahan Air Baku Menjadi Air Bersih di Kawasan Bencana.

Selanjutnya dua lainnya juga dari MAN Insan Cendekia adalah Muhammad Teguh Arly Prasetya dan Abdul Afif Sidora. Judul penelitiannya adalah Aktivitas Antifungsi Ekstrak Etanol Serbuk Gergaji Kayu Eboni terhadap Jamur pada Buah Tanaman Kakao sebagai Pertisida Alami Menggunakan Metode In-Vitro.

Sedangkan dari SMA Negeri 1 Palu yakni Ahmad Ghiroh Juang Bakrani dan Alif Rahman Wibowo. Mereka meneliti Pemanfaatan Pati Ubi Banggai (Dioscorea SPP) dan Karakteristiknya untuk Pembuatan Edible Film.