News  

PT Vale Dukung Pekan Budaya Jejak Peradaban Besi Luwu

PT Vale
Pekan Budaya Jejak Peradaban Besi Luwu. / Iat

ReferensiA.id- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mendukung Pekan Budaya Jejak Peradaban Besi Luwu (JPBL) yang dihelat oleh pemerhati pusaka atau Pompessi Luwu mulai Kamis, 6 Oktober 2022.

Acara yang dibuka resmi oleh Pemda Luwu Timur dan dihadiri perwakilan Kedatuan Luwu tersebut akan berlangsung hingga Minggu, 9 Oktober 2022.

Sebanyak 1.515 produk keterampilan besi dipamerkan, berupa parang, badik, tombak, keris, pedang, pisau, kapak, betel hingga perhiasan, keramik dan gerabah.

Sebagian produk keterampilan yang dipamerkan itu ditemukan di kawasan Danau Matano.

Semua benda tersebut dipamerkan dalam 117 etalase dan beberapa panel. Selain itu ditampilkan juga sejumlah foto lampau yang mengisahkan keseharian masyarakat di sejumlah daerah di Luwu Timur.

Pekan Budaya ini juga akan diisi dengan seminar yang menghadirkan pakar geologi, arkeologi dan, budaya.

Serangkaian acara tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat mengenai keterampilan besi dan sejarah peradaban besi Luwu.

Ketua Panitia JPBL 2022, Musran Mustaring Pasallo menyampaikan rasa terima kasihnya pada PT Vale yang telah mendukung terselenggaranya pekan budaya tersebut.

Tentunya hal ini kian menunjukkan komitmen PT Vale dalam merawat tradisi kearifan lokal di Luwu Timur.

“Terima kasih PT Vale, tentunya kegiatan ini bisa terwujud berkat andil PT Vale. Ini juga menjadi catatan bagi kami, masyarakat Luwu Timur, tentang komitmen PT Vale untuk merawat tradisi kearifan lokal. Selain perusahaan, juga tentu ada dukungan pemerintah dan Kedatuan Luwu selaku pendiri Pompessi,” ujarnya.

Dia mengatakan, pagelaran ini merupakan yang ketiga sejak Pompessi didirikan oleh Datu Luwu pada 2014. Jumlah artefak yang dipamerkan menurut dia, adalah yang terbesar.

“Kami memamerkan besi-besi yang dengan nilai histori tinggi. Kami susun berdasarkan konsep jejak sejarah dari tiap peradaban. Besi-besi ini dahulu kala dipakai sebagai senjata perang, alat perkebunan, dan alat rumah tangga,” katanya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *