Iklan hari Kartini DPRD Sulteng
News  

PT Vale Kampanye Peduli Lingkungan Lewat Lomba Kreativitas Daur Ulang Sampah

PT Vale
PT Vale gelar lomba daur ulang sampah. / Ist

ReferensiA.id- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) menggelar Lomba Karya Produk Hasil Bank Sampah di pelataran Galeri UMKM Kareso Anatoa, Sorowako pada Rabu 28 Februari 2024 lalu. Lomba ini dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.

Lomba yang digelar bagian dari kampanye perseroan dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap kepedulian lingkungan, khususnya permasalahan sampah.

Kegiatannya mengangkat tema “Mengubah Sampah Menjadi Berkah, Melangkah Menuju Ekonomi Sirkular yang Berkelanjutan” merupakan kontribusi nyata perseroan dalam upaya penurunan emisi gas rumah kaca.

Lomba ini juga merupakan wujud komitmen untuk nol limbah ke tempat pembuangan atau zero waste to landfill pada 2025, lebih cepat lima tahun dari target pemerintah.

Sebanyak 11 peserta mengikuti lomba dengan 33 karya yang dilombakan. Peserta sangat antusias menampilkan kreativitas dan karya yang inovatif.

Berbagai kreasi daur ulang sampah ditampilkan para peserta, mulai dari busana, hiasan meja, aksesoris baju, vas bunga, meja, hingga sejumlah kerajinan tangan, dan aksesoris menarik lainnya. Pesan yang ingin disampaikan bahwa sampah plastik dapat bernilai jual melalui sebuah kreativitas.

Acting Chief Technology Officer (CTO) PT Vale Indonesia Jinan Syakir mengatakan, masalah utama yang dihadapi saat ini adalah mengubah kebiasaan masyarakat dalam pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

Menurutnya, sampah itu sangat merugikan, dan merusak lingkungan. Sehingga, kepedulian terhadap sampah memberi dampak positif terhadap kesehatan.

“Kebiasaan buruk terhadap sampah harus diubah mulai dari diri sendiri, kemudian memberikan contoh kepada orang lain. PT Vale telah menunjukan cara mengelolah sampah dengan baik melalui kegiatan positif seperti ini. Selain itu, sejumlah program-program yang menunjang juga dilakukan oleh perusahan,” ujar Jinan.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *