Iklan HUT Morowali PT Vale

Siap-siap, Wilayah Palu dan Sigi Migrasi ke TV Digital Mulai 30 April

Migrasi ke tv digital
Sosialisasi Analog Switch Off (ASO) atau Migrasi dari Siaran TV Analog ke TV Digital di Kota Palu, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Kepala Balai Monitor SFR Kelas II Palu, Latuse, ST., M.Si mengungkapkan, Kota Palu dan Kabupaten Sigi akan migrasi ke TV digital dari TV analog mulai 30 April 2022.

Dia mengemukakan, Palu dan Sigi adalah dua dari 166 kabupaten kota Seindonesia yang termasuk tahap pertama pelaksanaan Analog Switch Off (ASO). Oleh karena itu, seluruh masyarakat Kota Palu dan Kabupaten Sigi diharapkan benar-benar siap.

Latuse mengatakan hal itu saat menjadi pembicara pada sosialisasi Analog Switch Off (ASO) atau Migrasi dari Siaran TV Analog ke TV Digital yang berlangsung di Sriti Convention Hall, Kamis 21 April 2022.

Sosialisasi dilakasanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Direktorat Jendral Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Balai Monitor SFR Kelas II Palu bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Palu.

Latuse menyampaikan sosialisasi Analog Switch Off (ASO) ini merupakan salah satu sarana pemerintah dalam merealisasikan UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dia menjelaskan, Kementerian Komunikasi dan Informatika mempunyai tugas menghentikan penyiaran TV Analog untuk beralih kesiaran TV Digital atau disebut Analog Switch Off (ASO).

Itu termaktub pada PP No. 46 Tahun 2021 tentang Pos Telekomunikasi dan Penyiaran Pasal 72 angka 8 yang menyatakan migrasi penyiaran dari TV Analog ke- TV Digital atau ASO harus diselesaikan paling lambat dua tahun sejak diundangkannya UU Cipta Kerja.

Pelaksanaan Analog Switch Off sendiri akan dilaksanakan dengan tiga tahapan penghentian siaran TV Analog yaitu, pertama akan dimulai pada 30 April 2022 di 56 wilayah siaran yang terdiri atas 166 Kabupaten/Kota.