Iklan HUT korpri

99 WNI Telah Dievakuasi dari Ukraina

99 WNI Telah Dievakuasi dari Ukraina
Menlu Retno LP Marsudi. / Humas Setkab/Rahmat)

Referensi.id – Sebanyak 99 WNI telah dievakuasi dari Ukraina. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi. Menlu menyampaikan, sebanyak 99 orang warga negara Indonesia (WNI) telah dievakuasi keluar dari Ukraina.

“Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan 5 WNA yang merupakan keluarga dari WNI kita. (Sebanyak) 99 WNI sudah keluar dari Ukraina, sekali lagi, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri,” ujar Menlu dalam pernyataan pers tertulisnya, dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Rabu 2 Mare 2022.

Baca Juga:  Jemaah Asal Indonesia Akhirnya Bisa Umrah Lagi

Menlu mengungkapkan, proses evakuasi dilakukan secara bertahap. Hal ini dipengaruhi situasi di Ukraina yang sampai saat ini masih sangat dinamis dan berubah dengan cepat.

Secara rinci Retno mengungkapkan, sebanyak 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bucharest pada 27 Februari 2022 pukul 16.30 waktu setempat.

“WNI yang dievakuasi semuanya perempuan, dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun. Tim evakuasi kita bergerak dari Tulcea, perbatasan Rumania-Moldova pada Sabtu, 26 Februari, pukul 06.00 pagi dan akhirnya tiba kembali di Bucharest pada 27 Februari pukul 16.30 waktu setempat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jemaah Asal Indonesia Akhirnya Bisa Umrah Lagi

Kemudian, sebanyak 6 orang WNI dan 1 WNA, yang merupakan pasangan dari WNI, pada 27 Februari 2022 juga telah berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia.

Tim Kedutaan Besara RI (KBRI) Warsawa berangkat dari safe house di Rzeszow pada pukul 07.30 pagi dan dapat tiba kembali dengan para evacuee WNI sekitar jam 20.45 malam hari.