News  

Balai Bahasa Sulteng Gelar Diseminasi Jelang Kongres Bahasa Indonesia XII

Balai bahasa sulteng
Kepala Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Asrif (kedua dari kiri) saat membuka Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia di Kota Palu, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Diseminasi Kongres Bahasa Indonesia (KBI) XII, Rabu 31 Mei 2023, di Kota Palu.

Kegiatan itu sebagai upaya Balai Bahasa Sulteng menyebarluaskan atau sosialisasi jelang hajatan lima tahunan terbesar bagi para pelaku atau penggiat dan pecinta kebahasaan dan kesasatraan di tanah air.

Kepala Balai Bahasa Sulteng Asrif menyebut, diseminasi perlu dilakukan agar para peegiat bahasa dan sastra bisa mendapatkan informasi terkait rencana dan cara pendaftaran untuk mengikuti KBI XII yang bakal berlangsung pada Oktober 2023 mendatang di Jakarta.

“Badan Bahasa mengangkat tema ‘Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa’. Tema tersebut diturunkan ke dalam tiga subtema, yaitu Revitalisasi Bahasa dan Sastra Daerah, Literasi Bahasa dan Sastra Indonesia, dan Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Semua subtema ini bermuara pada peningkatan literasi bahasa dan sastra daerah serta literasi bahasa dan sastra Indonesia,” ujar Asrif dalam sambutannya.

Kongres Bahasa Indonesia XII akan diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada 26 – 29 Oktober 2023 di Jakarta. Kegiatan itu akan berlangsung secara hibrida.

“Sebanyak 1.500 peserta kongres akan hadir secara luring dan daring untuk bertukar pikiran dan gagasan mengenai masalah kebahasaan dan kesastraan. Pendaftaran peserta KBI XII yang hadir secara luring masih dibuka hingga 2 Juli 2023,”

Ia pun mengajak para dosen, pegiat bahasa, untuk turut berpartisipasi dalam perayaan kongres ini.

Untuk menjadi peserta, dapat dilakukan dengan menulis opini mengenai bahasa dan sastra Indonesia di Sulawesi Tengah, sebagai syarat pendaftaran.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *