Iklan HUT Morowali PT Vale

Gubernur Sulteng Prioritaskan Belanja Produk UMKM Lokal

Belanja Produk UMKM Lokal
Gubernur Sulteng Rusdy Mastura saat disapa oleh Presden RI Joko Widodo. / Ist

ReferensiA.id- Rusdy Mastura menyatakan, berkomitmen memprioritaskan belanja pemerintah pada produk dalam negeri (PDN), khususnya belanja produk UMKM lokal.

Hal itu dikemukakan Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura saat mengikuti Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri (PDN) dan UMKM Tahun 2022 di Grand Hyatt Bali Kawasan Wisata Nusa Dua BDTC, Bali pada Jumat 24 Maret 2022.

Baca Juga:  Dinamis dan Heroik, Rusdy Mastura Sanjung Orang Jawa Timur

Kegiatan itu diikuti Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura sebelum menerima arahan Presiden Joko Widodo terkait implementasi penggunaan produk dalam negeri dan target belanja PDN dan UMKM sebesar Rp400 miliar.

“Mendukung dan mendorong belanja barang dan jasa mempergunakan produksi dalam negeri, diutamakan produk UMKM Lokal Sulawesi Tengah,” kata Rusdy Mastura dalam keterangan tertulis.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Janji Berikan Rumah ke Witan Sulaeman

Gubernur mengatakan, akan mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Provinsi Sulawesi Tengah meningkatkan produktifitas dan kualitas agar dapat bersaing.

Selain itu, diharapkan bisa menjawab kebutuhan khusus untuk mempersiapkan Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Kegiatan yang bertemakan “Business Matching Pengadaan Produk Dalam Negeri dan UMKM 2022″ ini menghadirkan sekitar 1.000 peserta yang berasal dari perwakilan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, dan industri serta para pelaku UMKM.

Baca Juga:  Presiden Tinjau Vaksinasi di Kompleks Bandara Palu

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), perdagangan harus meningkatkan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Target belanja PDN (Produk Dalam Negeri) dan UMKM Tahun 2022 sebanyak Rp 400 triliin.