Komisi III DPRD Sulteng Belajar Penanganan Sampah di Jakarta

Komisi III DPRD Sulteng
DPRD Sulteng belajar penanganan sampah di DKI Jakarta. / Ist

ReferensiA.id- Komisi III DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal pananganan sampah, Kamis 13 Juli 2023.

Dipimpin oleh Ketua Komisi III DPRD Sulteng Sonny Tandra, rombongan DPRD Sulteng yang juga dihadiri langsung oleh unsur pimpinan, yakni Ketua DPRD Sulteng Nilam Sari Lawira dan Wakil Ketua I Arus Abdul Karim itu, sebagai upaya belajar menangani dan mengelola sampah dari Balai Lingkungan Hidup (BLH) Pemprov DKI Jakarta.

Sonny Tandra menyampaikan, DPRD Sulteng, khususnya Komisi III sengaja melaksanakan kegiatan koordinasi dan komunikasi dengan menyasar Balai Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, karena ingin belajar soal penanganan sampah di wilayah tersebut.

Dia bilang, DPRD mendorong agar seluruh wilayah di Sulteng yang terdiri dari 12 kabupaten ditambah satu kota, khususnya Kota Palu yang berkeinginan untuk meraih Adipura, juga termasuk daerah yang paling banyak investasi dengan sejumlah perusahaan yang menghasilkan buangan sampah dan limbah secara bebas, perlu untuk tahu cara penanganan dan pengelolaan sampah dan limbah dengan benar.

“Makanya kita perlu belajar bagaimana mengelola sampah atau limbah, yang tiap hari menumpuk sehingga tidak mengganggu lingkungan,” katanya.

Dia juga mencontohkan hadirnya perusahaan nikel di Kabupaten Morowalii dan Morowali Utara. Selain mendatangkan investasi, sekaligus juga ada banyak dampak pembuangan limbah dan sampah di sana.

Dari hasil koordinasi dan komunikasi itu, diungkapkan bahwa Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam mengelola sampah atau limbah melibatkan masyarakat. Masyarakat di sana diajak mengelola sampahny secara mandiri.

Masyarakat juga dilibatkan secara proaktif, dan diajarkan bagaimana limbah sampah dimanfaatkan kembali dengan didaur ulang.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *