News  

Kondisi Cuaca Kawasan Semeru Bisa Dipantau di Sini

IMG 20211207 WA0062
BMKG telah memasang sejumlah peralatan pendukung guna memantau kondisi cuaca khusus di kawasan Semeru. / bmkg.go.id

ReferensiA.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memasang sejumlah peralatan pendukung guna memantau kondisi cuaca kawasan Semeru.

Pemasangan alat ini sebagai bentuk dukungan BMKG dalam upaya mitigasi lanjut serta pencarian, pertolongan dan penyelamatan (Search and Rescue) korban erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

BMKG juga telah menyediakan portal dan dashboard khusus untuk prakiraan, update dan peringatan dini cuaca dan iklim di wilayah Semeru dan sekitarnya juga telah terpasang di posko dan tersebar linknya ke berbagai pihak terkait dalam penanganan bencana erupsi Semeru. Klik di sini

“Informasi cuaca ditayangkan dalam display cuaca yang terdiri dari Citra Satelit Himawari-8, Citra Radar Cuaca, Kondisi Udara Atas terutama untuk Penerbangan, Kondisi Kualitas Udara untuk memonitor sebaran abu vulkanik serta sistem pemodelan untuk memprediksi sebaran abu dan memprakirakan cuaca beberapa hari ke depan ” ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Lumajang, Senin 6 Desmber 2021 dalam siaran pers.

“Saya langsung datang ke sini untuk memastikan bahwa dukungan BMKG benar-benar berjalan dengan baik dan seluruh informasi yang dikeluarkan tersebar dan dapat diakses masyarakat,” tambah Dwikorita.

Dwikorita mengatakan, informasi cuaca di kawasan Gunung Semeru terus diperbaharui secara periodik guna menjaga keselamatan warga di Pengungsian dan tim yang tengah mencari korban hilang akibat erupsi Gunung Semeru. Mengingat, saat ini seluruh wilayah Indonesia tengah memasuki musim penghujan.

“Ini untuk mengantisipasi ancaman cuaca buruk dan banjir lahar yang dikhawatirkan mengancam keselamatan masyarakat terdampak dan tim yang melakukan pencarian korban erupsi. Kami mendukung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) – Badan Geologi di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam menyiapkan data prakuraan cuaca untuk peringatan dini lahar Semeru,” imbuhnya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *