Iklan HUT korpri

Kuburan Upin Ipin di Palu Sudah Ada Sebelum Film Upin Ipin, Tapi…

Kuburan Upin Ipin
Warga saat mengunjungi kuburan Upin Ipin di Kota Palu, Sulawesi Tengah. / ReferensiA.id

ReferensiA.id – Kuburan Upin Ipin mendadak viral usai videonya tersebar di sosial media. Namun kuburan tersebut bukan berlokasi di Malaysia, tempat asal film animasi yang banyak digemari anak-anak tersebut. Kuburan itu ternyata berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Fakta uniknya, kuburan itu sudah ada jauh sebelum serial televisi Upin Ipin dirilis. Kuburan Upin sudah ada sejak tahun 1995, sementara kuburan Ipin sudah ada sejak 1996. Upin wafat pada 06 Agustus 1995, sementara Ipin wafat 02 April 1996.

Baca Juga:  Longki Djanggola Mengenang Sosok Ikhsan Kalbi

Berdasarkan keterangan Hikma, ayah Upin dan Ipin, keduanya meninggal dunia akibat sakit tidak lama usai dilahirkan. Keduanya bukan anak kembar seperti di serial Upin Ipin.

“Upin sakit dan meninggal di usia dua minggu. Sementara Ipin yang lahir pada tahun 1996, meninggal di usia tiga hari, juga karena sakit,” ungkap Hikma kepada ReferensiA.id.

Baca Juga:  Unggah Informasi Palsu di Facebook Soal Pencurian HP, Pria di Kota Palu Diciduk Polisi

Meskipun keduanya meninggal dunia jauh sebelum serial Upin Ipin ada, namun ternyata keduanya diberi nama karena terinspirasi oleh film yang banyak disukai anak-anak tersebut.

“Sebenarnya keduanya belum sempat diberi nama. Dan baru diberi nama pada tahun 2016. Pada waktu ada rejeki 2016, perbaikan kuburan itu kan belum ada nama waktu lahir, jadi saya kasih nama Upin dan Ipin,” ungkap Hikma.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Dorong UMKM Donggala Manfaatkan Kredit Bunga Rendah

Ia mengaku terinspirasi dengan nama Upin Ipin, tokoh utama dalam serial Upin Ipin yang saat itu sedang banyak diputar di televisi.

Seperti diketahui, Upin dan Ipin adalah serial televisi animasi anak-anak yang dirilis pada 14 September 2007 di Malaysia. Serial ini diproduksi oleh Les’ Copaque.