Lantik Pj Sekda, Gubernur Sulteng Pesan Tingkatkan Kinerja OPD

Gubernur Sulteng
Moh Faizal Mang dilantik sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. / Humas

Lantik Pj Sekda, Gubernur Sulteng Pesan Tingkatkan Kinerja OPD

ReferensiA.id- Gubernur Sulawesi Tengah melantik dan mengambil sumpah Moh Faizal Mang sebagai Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah di Ruang Polibu Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Kamis 4 November 2021.

“Apabila kepala daerah diumpamakan sebagai otak, maka saudara berperan sebagai jantung,” kata Gubernur Sulawesi Tengah H Rusdy Mastura.

Kalau jantung berdenyut cepat, lanjut Rusdy Mastura, maka dipastikan aktivitas organ dalam hal ini OPD meningkat pesat atau kinerjanya memuaskan.

“Akan tetapi jika denyut jantung pelan dan terus melambat, pertanda organ sedang istirahat, sehingga kinerja OPD dapat disimpulkan biasa-biasa saja, atau bahkan kurang memuaskan,” sambung gubernur.

Faizal Mang menduduki kursi strategis itu menggantikan H Mulyono yang kini menempati posisi baru yakni Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Setdaprov Sulteng.

Gubernur mengatakan, Pj Sekretaris Daerah mempunyai tugas-tugas strategis di antaranya menerjemahkan konsep, gagasan, dan pemikiran kepala daerah untuk dituangkan ke dalam program kebijakan.

Pj Sekda yang baru diharapkan dapat menularkan semangat baru, inovasi dan peningkatan kinerja bagi seluruh ASN. Dia mengatakan, di antara tugas-tugas Pj Sekda yang terdekat ialah memastikan finalisasi RPJMD kepala daerah menjadi peraturan daerah.

PRJMD ini adalah landasan penyusunan dan penetapan program-program OPD yang selaras dengan visi-misi gerak cepat menuju Sulawesi Tengah yang lebih sejahtera dan lebih maju.

Tugas lain lanjut gubernur ialah memastikan koordinasi dengan seluruh OPD dalam rangka menjalankan anggaran, roda pemerintahan dan pelayanan. Selain itu, membina ASN dan percepatan penanganan dampak Covid-19, sampai dengan dilantiknya sekretaris daerah provinsi yang definitif. Red

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *