Iklan hari Kartini DPRD Sulteng

Lestarikan Bahasa Daerah, Balai Bahasa Sulteng Gelar Pelatihan Guru Utama di Kota Palu

Balai bahasa sulteng
Kasubbag Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah Anita Yudistira. / Ist

ReferensiA.id- Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) melaksanakan Pelatihan Guru Utama atau Training of Trainers (ToT) Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) di Kota Palu, Senin 22 Mei 2023.

Pelatihan itu digelar oleh Balai Bahasa Sulteng sebagai bentuk upaya pelestarian bahasa daerah di Sulawesi Tengah, khususnya bahasa Kaili yang menurut data Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra Kemdikbudristek tergolong dalam kategori rentan.

Pelatihan ini juga merupakan upaya bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pelestarian bahasa daerah sebagai warisan bangsa.

Pelatihan Guru Utama merupakan rangkaian kegiatan ketiga dari Program Merdeka Belajar Revitalisasi Bahasa Daerah.

Sebelumnya Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah telah melaksanakan rapat koordinasi dengan 5 pemerintah kabupaten dan kota, yakni Pemerintah Kota Palu, Kabupaten Poso, Banggai, Banggai Kepulauan dan Kabupaten Donggala.

Dari rapat tersebut dihasilkan kesepakatan untuk pelaksanaan program RBD di lima kabupaten/kota tersebut.

Setelah rapat koordinasi dengan Pemda, Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) dengan para pakar untuk menyusun modul bahan ajar yang akan dijadikan referensi bagi peserta ToT dalam mengajarkan bahasa daerah yang menyenangkan di sekolah atau komunitas masing-masing.

Kegiatan Pelatihan Guru Utama dilaksanakan selama lima hari, sejak 22 Mei hingga 26 Mei 2023 mendatang. Kegiatan itu berlangsung di Hotel Best Western Kota Palu.

Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Kota Palu dan Kabupaten Donggala, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Pelatihan ini menghadirkan 113 orang peserta yang terdiri dari guru SMP dan SD serta budayawan pegiat bahasa daerah yang berasal dari Kota Palu dan Kabupaten Donggala.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *