News  

PT Vale IGP Morowali Gelar Aksi Bersih Pantai dan Tanam Mangrove, Bukti Komitmen Lestarikan Lingkungan

PT Vale IGP Morowali
Aksi bersih-bersih dan tanam mangrove di pantai oleh PT Vale dan sejumlah pihak di Kabupaten Morowali. / Ist

ReferensiA.id- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Morowali menyelenggarakan Gerakan Bersih Pantai (Coastal Clean Up) di Pantai Bahomotefe dan Pantai Bahomoahi, serta melakukan penanaman pohon mangrove sebanyak 2.000 bibit). Aksi itu dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Sabtu 10 Juni 2023.

Kegiatan ini juga merupakan keikutsertaan PT Vale IGP Morowali dalam kegiatan bersih pantai serentak yang diinisiasi Direktorat Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kegiatan bersih-bersih pantai dilakukan sejauh satu kilometer di sepanjang Pantai Bahomoahi dan 600 meter di Pantai Bahomotefe.

Setelah membersihkan pantai, seluruh sampah yang terkumpul kemudian ditimbang. Total sampah yang terkumpul di Pantai Bahomoahi seberat 1.640 kilogram.

Sementara total sampah yang dikumpulkan di Pantai Bahomotefe seberat 319 kilogram.

Sehingga total seluruh sampah yang terkumpul dalam Kegiatan bersih pantai seberat 1.959 kilogram, atau hampir mencapai dua ton.

Untuk mengapresiasi para peserta, PT Vale memberikan souvenir kepada kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak di Desa Bahomoahi dan Port Bahomotefe.

Selain mengumpulkan sampah, peserta juga diberi edukasi yang relevan. Tim Waste Management PT Vale “Wehasta” juga mengkampanyekan tentang pentingnya memilah sampah.

Sampah-sampah yang telah terkumpul pun dipilah dan disatukan sesuai jenisnya masing-masing. Dari pemilahan sampah tersebut, teridentifikasi 27 jenis sampah.

Para peserta juga menanam 2.000 bibit pohon bakau alias mangrove sepanjang satu kilometer Pantai Bahomoahi.

Camat Bungku Timur, Sukman Gamal mengajak para masyarakat untuk bersama-sama menjaga pantai dan merawat mangrove yang ditanam.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *