Iklan HUT Morowali PT Vale

Tetap Waspada, BNPB Ingatkan Risiko Banjir di Banggai Sulteng

Kondisi pasca banjir di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. / BPBD Sulteng

ReferensiA.id – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada risiko banjir di Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng). Meskipun banjir di wilayah ini sudah surut, warga diharapkan tetap waspada dan siap siaga.

Prakiraan cuaca hingga Selasa, 22 Maret 2022 besok, wilayah Luwuk Utara dan sekitar masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir.

Baca Juga:  Rincian 38 Desa Terdampak Banjir dan Longsor di Purworejo

“Belajar dari banjir yang berlangsung di wilayah ini, tinggi muka air 20-100 cm, warga diimbau berhati-hati apabila melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman,” ungkap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dikutip laman resmi BNPB, Senin 21 Maret 2022.

Diketahui, banjir yang terjadi di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, telah surut. Pusdalops BNPB melaporkan hal tersebut pada Senin 21 Maret 2022 pagi, pukul 05.30 WIB. Saat ini warga disibukkan dengan aktivitas pembersihan material lumpur yang terbawa banjir.

Baca Juga:  Waspada Badai Siklon, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Khusus

Peristiwa yang dialami warga pada Minggu 20 Maret 2022 pagi, pukul 05.00 WIB, terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Desa Kilongan Permai, Kecamatan Luwuk Utara, Banggai.

Menurut Abdul Muhari, melihat analisis inaRISK, sebanyak 19 kecamatan di kabupaten ini yang memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Salah satunya Kecamatan Luwuk Utara.

Baca Juga:  Polresta Palu Kenang 11 Personel yang Gugur Saat Bencana 2018 di Pantai Talise

Namun demikian, dilihat cakupan luas wilayah dengan potensi tersebut tidak seluas dibandingkan kecamatan yang lain. Luas wilayah dengan potensi bahaya tersebut sebesar 13 hektar.