Iklan HUT Morowali PT Vale

Banjir di Buol Sulteng Rendam Lebih dari 150 Rumah

Banjir di Buol
Akibat hujan dengan intensitas tinggi, banjir merendam pemukiman warga di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Hujan lebat yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah pada Kamis 12 Mei 2022, menyebabkan air Sungai Negeri Lama meluap. Akibatnya, terjadi banjir di beberapa titik pada Kamis malam.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, banjir di Buol merendam lebih dari 150 rumah warga di dusun I dan II Desa Mulat, Kecamatan Bukal, Kabupaten Buol.

Baca Juga:  Banjir di Lore Utara Poso Rendam Puluhan Rumah, Sawah dan Perkebunan Warga

Ratusan warga terdampak banjir, termasuk di antaranya 97 bayi atau balita.

“Hujan dengan intensitas tinggi terjadi sekitar pukul 14.15 – 18.20 Wita, derasnya hujan mengakibatkan Sungai Negeri Lama meluap pukul 16.22 Wita, ketinggian air kurang lebih dibawah lutut orang dewasa,” keterangan laporan pihak BPBD yang dikutip ReferensiA.id pada Jumat, 13 Mei 2022 dini hari.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Wilayah Sulawesi Tengah 19 Oktober 2022, Kota Palu Potensi Hujan Malam Hari

Selain seratusan lebih rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, taman kanak-kanak dan Kantor desa juga ikut terendam banjir.

Namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan akibat bencana banjir tersebut. Warga pun dilaporkan tidak mengungsi.

Adapun keperluan mendesak yang dibutuhkan oleh warga terdampak menurut pihak BPBD yakni, logistik, air bersih, makanan siap saji, kebutuhan dan perlengkapan bayi/balita.

Baca Juga:  Sirene Tsunami di Palu Bunyi, BPBD: Hanya Simulasi

Untuk mengantisipasi banjir serupa di kemudian hari, laporan BPBD menyebut perlu adanya pembuatan drainase sepanjang 700 meter di wilayah itu.

Hingga berita ini diturunkan, kondisi air mulai surut. Warga pun mulai membersihkan sisa-sisa banjir dengan alat seadanya. RED