Iklan HUT korpri

6 Rumah Hanyut dan Belasan Rusak Berat Akibat Banjir Desa Indang Sari Banggai

Banjir Desa Indang Sari
Rumah warga rusak berat akibat diterjang banjir di Desa Indang Sari, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id- Banjir menerjang Desa Indang Sari, Kecamatan Luwuk Timur, Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah, Selasa 30 Agustus 2022.

Berdasarkan laporan kajian cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah pada Rabu, 31 Agustus 2022, sebanyak 6 rumah dan 1 kios milik warga hanyut akibat banjir Desa Indang Sari.

Sementara 15 rumah dilaporkan mengalami rusak berat akibat banjir itu.

Baca Juga:  Polresta Palu Kenang 11 Personel yang Gugur Saat Bencana 2018 di Pantai Talise

Adapun warga yang terdampak yakni di Dusun I Desa Indang Sari sebanyak 42 kepala keluarga atau 142 Jiwa, termasuk di antaranya ibu hamil 1 orang, bayi 1 orang, balita 25 orang dan lansia 9 orang.

Kemudian di Dusun III Desa Indang Sari sebanyak 15 kepala keluarga atau 41 orang, di antaranya balita 9 orang dan lansia 4 orang.

Baca Juga:  Banjir di Bunta Banggai, 1 Warga Meninggal

Selain itu, banjir juga menyebabkan sejumlah fasilitas umum mengalami rusak berat, seperti gedung Gereja dan jalan poros desa di Dusun I Desa Indang Sari.

Akibat banjir, setidaknya 40 kepala keluarga juga dilaporkan mengungsi.

Sebelumnya hujan deras mengguyur dari arah pegunungan, mengakibatkan meluapnya sungai di Desa Indang Sari pada pukul 18.00 WITA.

Baca Juga:  Gempa Bumi Berkekuatan 5,8 Guncang Mamuju Sulbar

Air kemudian menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian air di atas lutut orang dewasa.

Namun begitu, laporan terakhir menyebutkan hujan telah reda, air juga telahh surut. Sementara masyarakat terdampak mengungsi ke rumah Sekretaris Desa setempat. RED