Belasan Raperda Prakarsa Inisiatif DPRD Sulteng Disosialisasikan

DPRD Sulteng
DPRD Sulteng sosialisasikan sejumlah Raperda. / Ist

ReferensiA.id- DPRD Sulawesi Tengah sosialisasikan program peraturan daerah (Propemperda) di salah satu hotel di Kota Palu, Rabu 20 September 2023.

Belasan rancangan perda yang disosialisasikan merupakan prakarsa inisiatif DPRD Sulteng. Selain itu, ada pula raperda inisiatif prakarsa Pemda Provinsi Sulteng.

Anggota Baperperda DPRD Provinsi Sulteng, Hj Wiwik Jumatul Rofi’ah saat membuka kegiatan Sosialisasi Rancangan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Sulteng Tahun 2024 menyampaikan 4 raperda tersebut.

Pertama, Raperda tentang kerja sama daerah dalam rangka mempercepat pembangunan, peningkatan pelayanan publik, dan kesejahteraan masyarakat, serta perlunya mengoptimalkan potensi daerah provinsi sulteng melalui kerjasama daerah. Sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 30 tahun 2014 dan juga PP Nomor 28 tahun 2020.

Dua, Raperda tentang Desa Adat yakni terkait Kedudukan, Status, dan Penetapan Desa Adat, Penataan Desa Adat, Unsur Pokok Desa Adat, Susunan Organisasi Desa Adat, dan Lembaga Adat. Sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 23 tahun 2014 dan juga Permendagri Nomor 1 tahun 2017.

Tiga, Raperda tentang Pemberdayaan Organisasi Masyarakat, sebagaimana hal tersebut tercantum dalam UU Nomor 6 tahun 2023 dan juga PP Nomor 58 tahun 2016.

Empat, Raperda tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika, sebagaimana yang tercantum dalam UU Nomor 40 tahun 2011 dan juga Permendagri Nomor 12 tahun 2019.

“Raperda tersebut di atas merupakan Raperda Prakarsa Inisiatif Komisi-I DPRD Provinsi Sulteng,” kata Wiwik Jumatul Rofi’ah.

Selanjutnya, Moh Nur Dg Rahmatu, menyampaikan terkait Raperda Inisiatif Prakarsa Komisi-II DPRD Provinsi Sulteng. Pertama, Raperda tentang Perubahan Perda Nomor 1 Tahun 2015 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 6 Tahun 2023 dan juga Peraturan Menteri Pertanian Nomor 20/Permentan/sr.140/2/2011.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *