Iklan HUT korpri

Cara Cairkan JHT Makin Mudah, Tidak Perlu Tunggu Pensiun

Cara Cairkan JHT
Ida Fauziyah. / Kemnaker.go.id

ReferensiA.id – Cara cairkan JHT makin mudah, pekerja tidak perlu menunggu pensiun atau usia 56 tahun untuk mengklaim Jaminan Hari Tua (JHT) program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJamsostek.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Menurut Menaker, menindaklanjuti arahan Presiden terkait tata cara persyaratan dan pembayaran JHT yang perlu dipermudah, Kemeteriannya sedang  memproses revisi Permenaker nomor 2 Tahun 2022.

Baca Juga:  Pastikan Keamanan Dana Peserta, Begini Pernyataan Bpjamsostek Soal Oknum yang Manipulasi Data

Pada prinsipnya, ketentuan tentang klaim JHT sesuai dengan aturan lama, bahkan dipermudah.

Sebagai upaya untuk mempercepat proses revisi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) saat ini aktif melakukan serap aspirasi bersama Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Kemnaker juga secara intens berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Kementerian/Lembaga terkait.

“Kami sedang melakukan revisi Permenaker No.2 tahun 2022, insyaallah segera selesai. Kami terus melakukan  serap aspirasi bersama Serikat Pekerja/Serikat Buruh, serta secara intens berkomunikasi dengan Kementerian/Lembaga,” ujar Menaker Ida seperti dikutip dai laman resmi Kemnaker pada Kamis 3 Maret 2022.

Baca Juga:  Sulteng Bakal Punya Perda untuk Perlindungan Pekerja Rentan

Sebagaimana diketahui, Permenaker No.2 Tahun 2022 belumlah berlaku efektif. Oleh sebab itu, Permenaker 19/2015 sebenarnya masih berlaku saat ini.

Dengan demikian, pekerja/buruh yang ingin melakukan klaim JHT dapat menggunakan acuan Permenaker yang lama, termasuk bagi yang terkena-PHK atau mengundurkan diri.

“Perlu saya sampaikan kembali bahwa Permenaker lama (No. 19/2015) saat ini masih berlaku dan masih menjadi dasar bagi teman-teman pekerja/buruh untuk melakukan klaim JHT. Tidak terkecuali bagi yang ter-PHK maupun mengundurkan diri, tetap dapat klaim JHT sebelum usia pensiun,” jelas Ida.