Hari Ini, Presiden Resmikan Bendungan Rp1,2 Triliun di Gowa Sulsel

IMG 20211123 WA0044
Bendungan Karalloe di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. / pu.go.id

ReferensiA.id- Presiden Joko Widodo diagendakan meresmikan Bendungan Karalloe, yang ada di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Selasa, 23 November 2021.

Rencananya Presiden resmikan Bendungan Karalloe secara simbolis dengan membuka tuas pintu air sekaligus menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Bendungan Karalloe yang dibangun sejak tahun 2013 ini.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pengerjaan konstruksi bendungan terbagi dalam dua paket yakni Paket I dengan kontraktor pelaksana PT. Nindya Karya (Persero). Biaya pengerjaan Paket I bersumber dari APBN pada tahun anggaran jamak (2013-2019) sebesar Rp 568 miliar.

Paket II merupakan lanjutan paket I yang dianggarkan sebesar Rp 657 miliar bersumber dari APBN TA 2008– 2020 (multi years dengan kontraktor KSO (kerjasama operasional) PT Nindya Karya (Persero)-PT. Rezeki.

Sehingga total anggaran pembangunan bendungan Karalloe berkapasitas 40,53 juta m3 ini mencapai Rp1,2 triliun.

Bendungan ini dibangun Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan-Jenebarang, Ditjen Sumber Daya Air sejak Desember 2013.

Dengan luas genangan 248,50 Hektar, suplai air bendungan ini akan digunakan untuk mengairi lahan irigasi seluas 7.004 Hektar, sumber air baku 440 liter/detik, pembangkit listrik mikrohidro 4,5 MW, dan pengendali banjir untuk Kabupaten Gowa sebesar 49 m3/detik.

Selain berfungsi sebagai konservasi air, Bendungan Karalloe juga memiliki potensi sebagai destinasi pariwisata karena di sekelilingnya terdapat hutan sehingga udaranya masih sejuk dan bersih.

Lokasi Bendungan Karalloe berjarak 137 Km ke arah Tenggara Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Gowa. Dengan dibangunnya Bendungan Karalloe yang disertai jaringan irigasi diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan intensitas tanamnya.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *