Iklan HUT korpri

Kunjungan ke Sorowako, Komisi VII DPR RI Apresiasi Pengelolaan Lingkungan PT Vale

Pengelolaan lingkungan PT vale
Anggota Komisi VII DPR RI Andi Ridwan Wittiri melakukan kunjungan kerja ke PT Vale di Blok Sorowako, Luwu Timur, Kamis 15 September 2022. / Ist

ReferensiA.id- Komisi VII DPR RI mengapresiasi komitmen PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) dalam melakukan penataaan lingkungan. Hal itu disampaikan Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Ridwan Wittiri, saat melakukan kunjungan kerja ke PT Vale di Blok Sorowako, Luwu Timur, Kamis 15 September 2022.

“Kami sangat puas dibandingkan kunjungan kami ke beberapa perusahaan tambang lainnya. Di sini sangat bagus. Saya harap perusahaan tambang lainnya yang bisa menjadikan contoh PT Vale,” kata Ridwan di sela-sela kunjungannya di Nursery PT Vale bersama tim Panja Komisi VII DPR RI lainnya.

Baca Juga:  Gubernur Sulteng Dijadwalkan Gelar Pertemuan dengan PT Vale di Jakarta

Dia menjelaskan, apa yang diisukan tentang pengelolaan tambang di PT Vale yang tidak ramah lingkungan sama sekali tidak terlihat, justru sebaliknya sangat bagus dalam menata lingkungan sekitar.

Ridwan yang juga putra daerah Sulawesi Selatan ini, berharap lebih banyak lagi putra-putri daerah yang bisa diterima bekerja di PT Vale. “Saya tiga tahun di Malili (Luwu Timur). Saya tahu persis bagaimana keluarga tidak perlu ke Makassar atau kota lainnya untuk bekerja tinggal ke Sorowako saja di PT Vale, mereka bisa menghidupi keluarganya dengan layak,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pelabuhan PT KNI di Pomalaa Sulawesi Tenggara Diresmikan

“Jadi, saya minta ke PT Vale untuk meningkatkan lagi pemberdayaan masyarakat lokal di sini. Alangkah senangnya kami mendengar lebih dari 80 persen karyawan di sini adalah masyarakat Luwu Timur . Untuk itu saya berharap PT Vale semakin meningkatkan produksinya dan semakin banyak masyarakat lokal dilibatkan dalam kegiatan operasi PT Vale tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  PT Vale Gelar Pasar Murah di Empat Kecamatan

Dia berpandangan, PT Vale telah menjalankan good mining practice. “Kita lihat PT Vale sudah menggunakan kendaraan listrik untuk operasinya, tidak lagi memakai bahan bakar dari fosil. Jelas ini sudah menerapkan green energi. Kemudian juga ada tiga PLTA yang dipunya Vale dan beberapa megawatt hasil penjualannya dari PLN itu diserahkan ke pemerintah daerah sebagai hibah,” paparnya.