Iklan HUT Morowali PT Vale

Menakar Peluang Widya Kastrena di Pilkada Donggala 2024

Widya Kastrena
ReferensiA.id

ReferensiA.id- Bakal ada kejutan di Pilkada Donggala 2024. Jika pada Pilkada 2013, kejutan diciptakan Kasman Lassa, terpilih melalui jalur independen atau perseorangan.

Tampaknya Pilkada 2024 akan ada kejutan lagi. Bukan dari Kasman Lassa, tapi putrinya, Widya Kastrena. Bagaimana peluangnya? Berikut ReferensiA.id menguraikannya.

Widya Kastrena adalah politisi muda. Saat ini, alumnus Pascasarjana Universitas Tadulako Palu ini masih 28 tahun atau pada Pilkada 2024 mendatang baru 30 tahun. Mampukah politisi muda ini bersaing dengan yang tua?

Baca Juga:  Demokrat Disebut Siap Ikut Nasdem di Sulteng, Begini Kata Anwar Hafid

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Donggala ini memulai karier politiknya di Partai Nasdem. Dia bisa masuk dan merasakan dinamika politik di DPRD Donggala, juga melalui Nasdem.

Sayangnya, belum juga berakhir periode jabatannya dia memilih berhenti di tengah jalan. Anggota DPRD Donggala itu telah mengajukan pengunduran diri sebagai pengurus maupun kader Nasdem pada 27 April 2022. Diteken di atas kertas bermeterai. Dia tak menjelaskan alasan pengunduran dirinya. Kabar terakhir, surat pengunduran dirinya sudah diproses oleh DPW Nasdem Sulteng.

Baca Juga:  Kasman Lassa Pindah Partai, Pengamat: Nasdem Terganggu, PAN Bisa Lebih Baik

Karena itu, pada Pilkada 2024, Widya Kastrena tidak lagi berada di barisan Nasdem. Ketua Garnita Nasdem Donggala ini tidak lagi kampanyekan Nasdem seperti 2019 silam.

Lantas, melalui partai apa dia melanjutkan karier politiknya? Sampai sekarang, belum ambil langkah baru. Sebab, belum resmi diberhentikan oleh Nasdem, masih beproses. Masih di DPRD Donggala.

Baca Juga:  Gubernur Harap PAN Terus Bersinergi dengan Pemerintah Daerah

Kalaupun pada akhirnya diberhentikan oleh Nasdem, maka kemungkinan besar Widya akan melanjutkan perjalanan kariernya di partai berlambang matahari putih, Partai Amanat Nasional (PAN). Alasannya sederhana, ayahnya Kasman Lassa kini menjabat ketua PAN Donggala. Lagipula, Kasman Lassa dan Widya punya kemiripan dalam hal politik. Keduanya adalah tokoh penting kemajuan Nasdem di Donggala pada Pemilu 2019, sebelum akhirnya terhempas.