Iklan HUT korpri

Polres Palu Naik Tipe Jadi Polresta

Polres Palu Naik tipe Jadi Polresta
Markas Polres Palu yang naik tipe jadi Polresta Palu, bakal diresmikan oleh Kapolda Sulawesi Tengah dalam waktu dekat. / ist

ReferensiA.id – Polres Palu naik tipe jadi Polresta Palu. Dengan demikian, Jabatan tertinggi di lembaga ini, yakni Kapolres bakal dijabat oleh polisi berpangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), yang sebelumnya dijabat polisi berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP).

Kenaikan tipe Kepolisian Resor (Polres) Palu menjadi Kepolisan Resor Kota (Polresta) Palu ini diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto SIK.

Baca Juga:  Polisi Bakal Telusuri Penyebar Video Pria Bawa Kepala Manusia

Kenaikan tipe tersebut berdasarkan surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/42/M.KT.01/2022 tanggal 11 Januari 2022 dan Keputusan Kapolri nomor : Kep/117/2022 tanggal 24 Januari 2022.

“Perlu kita ketahui dalam surat Menpan RB terdapat 5 Polres yang mengalami peningkatan tipe, salah satunya Polres Palu yang dinaikkan menjadi Polresta Palu,” ujar Didik, Selasa 15 Februari 2022.

Baca Juga:  Polisi Ungkap Prostitusi Anak di Palu, 4 Tersangka Ditahan

Dengan kenaikan tipe ini, Kapolres yang saat ini dijabat oleh polisi berpangkat AKBP nantinya akan dipimpin oleh Kapolresta berpangkat Komisaris Besar Polisi.

Kata Didik, dengan peningkatan tipologi menjadi Polresta, maka akan ada peningkatan baik sarana prasarana maupun jumlah sumber daya manusia dan anggaran untuk mendukung pelaksanaan tugas, nantinya.

Direncanakan peresmian Polresta Palu akan dilakukan oleh Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Pol Rudy Sufahriadi dalam waktu dekat ini. RED