Presiden Resmikan KEK Lido, Bakal Serap Investasi dan Lapangan Kerja

KEK Lido
Presiden Jokowi meresmikan KEK Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 31 Maret 2023. / BPMI Setpres

ReferensiA.id- Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido di Kabupaten Bogor, Jawa Barat bakal menyerap puluahan ribu tenaga kerja. Bukan hanya itu, investasi pun akan terserap ke kawasan ini.

Dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan KEK Lido pada Jumat, 31 Maret 2023. Keberadaan KEK ini nantinya diyakini akan membuka kesempatan kerja yang sangat luas.

“Tentu saja kalau dari sisi kesempatan kerja 30 ribu lebih, 30 ribu lebih yang akan bisa bekerja langsung di sini, kan gede banget. Yang tidak langsungnya pasti lipat empat, lipat lima,” ujar Presiden kepada awak media usai peresmian.

Presiden menilai, KEK pariwisata mengusung konsep yang sangat bagus dan komplet. Presiden pun berharap keberadaan KEK Lido ini akan menarik minat masyarakat, sekaligus menekan niat mereka untuk berwisata ke luar negeri.

“Saya kira bagus dan kalau bisa ini cepat diselesaikan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, sehingga kita nanti bisa nonton konser musik atau kayak Hollywood, semuanya ada di sini, semuanya. Atau mau nonton Coachella, semuanya ada, semuanya. Kalau dulu ada Woodstock, kan sudah disiapin,” kata Presiden.

Ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021, KEK Lido memiliki luas lebih kurang 1.040 hektare dan berkomitmen untuk merealisasikan investasi hingga 2.4 miliar dolar AS atau setara Rp32 triliun.

“Dengan tema pariwisata dan industri kreatif, KEK Lido diharapkan dapat menekan outflow devisa dari wisatawan nasional hingga 4.1 miliar dalam 20 tahun ke depan. Khusus di tahun ini, KEK Lido berkomitmen menyerap investasi sebesar Rp694 miliar dan menyerap tenaga kerja sebanyak 877 orang,” ujar Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam laporannya saat peresmian.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *