PT Vale Latih Petani Kembangkan SRI Organik di Pomalaa

IMG 20211219 WA0050
Puluhan petanj ikut pelatihan yang digelar PT Vale di blok Pomala. / PT Vale

ReferensiA.id- PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) latih 50 petani mengembangkan teknik pertanian organik dengan metode SRI (System of Rice Intensification) di Blok Pomalaa.

SRI adalah metode pertanian yang ramah lingkungan karena menggunakan pupuk organik. Selain itu, produk dari metode ini lebih sehat sehingga memiliki nilai jual tinggi.

Direktur Corporate Affairs and General Admins PT Vale Indonesia Tbk, Yusuf Suharso menjelaskan, perseroan terus mendorong agar sektor pertanian di area wilayah pemberdayaan dapat berkembang dengan baik.

Salah satunya mengedukasi petani dengan program unggulan pertanian ramah lingkungan yang dikenal dengan padi System of Rice Intensification (SRI) organik di Blok Pomalaa.

Dia mengatakan, SRI organik menjadi bagian penting dalam program PT Vale Indonesia Tbk, yakni Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) berkelanjutan (Sustainable).

Selama tujuh tahun terakhir, perseroan telah menjalankan padi SRI organik di Blok Sorowako di Sulawesi Selatan.

PT Vale terus mengembangkan program tersebut dan kini telah hadir di area pemberdayaan Blok Pomalaa yang merupakan salah satu area konsesi Kontrak Karya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Yusuf Suharso menargetkan, Penerapan Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB) dapat membina dan mendampingi para petani lokal dalam menerapkan sistem pertanian yang bebas dari unsur kimiawi.

Sehingga, kata dia pertanian menjadi ramah lingkungan dan produk yang dihasilkan sehat untuk dikonsumsi baik oleh petani maupun masyarakat.

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi para petani lokal, karena hasil produk organik utamanya beras organik memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada beras biasa atau konvensional,” jelasnya.

Dia menyebutkan, ada empat desa di area pemberdayaan PT Vale sebagai area percontohan untuk pengembangan program ini, yakni Desa Puubunga, Desa Puuroda, Desa Puulemo, dan Desa Lamedai.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *