Tim SAR Evakuasi 44 Penumpang dan ABK Kapal di Sekitar Pulau Bandang Banggai Laut

Tim SAR
Tim SAR mengevakuasi kapal patah as baling-baling di Banggai Laut. / Ist

ReferensiA.id- Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi 44 penumpang dan ABK sebuah kapal penumpang yang mengalami patah as baling-baling di sekitar Pulau Bandang, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Kamis 23 Februari 2023.

Kapal KM Hanifa 02 GT 30 berwarna putih itu membawa 38 penumpang dan 6 ABK dengan rute Pelabuhan Bontosi menuju Banggai Laut. Kapal dinakhodai Basri dengan lima ABK yakni Darlun, Huldi, Adam, Abdullah dan Honir.

Syahbandar Banggai Laut, Rahmat melaporkan, peristiwa patahnya as baling-baling KM Hanifa GT 30 terjadi pada Kamis 23 Februari 2023, pukul 09.00 Wita.

Rahmat kemudian melaporkan kepada SAR. Selanjutnya, Tim SAR yang menerima laporan dari Syahbandar Banggai Laut pukul 11.00 Wita segera melakukan persiapan. Pada pukul 11.20, SAR gabungan menuju lokasi yang berjarak 6 NM dari dermaga Balut.

“Unsur SAR gabungan yang terlibat dalam upaya penyelamatan terdiri dari Tim Rescue Unit Siaga Balut 4 orang, BPBD Banggai Laut 3 orang, dan Sahbandar Balut 3 orang,” ungkap Kepala Seksi Operasi Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palu Andi Sultan.

SAR gabungan menuju lokasi menggunakan RBB (Rigid Bouyancy Boats) dan perahu nelayan milik Syahbandar.

“Pada 11.35 Wita, Tim SAR gabungan tiba di lokasi dan menemukan KM Hanifa 02 GT 30. Tim langsung melakukan evakuasi penumpang dalam keadaan selamat dan penarikan kapal yang dilakukan oleh kapal nelayan milik Sahbandar Balut,” katanya.

Selanjutnya, pada pukul 12.10 Wita, Tim SAR gabungan tiba di Pelabuhan Banggai Laut dan langsung mendata korban.

“Pukul 12.30 Wita, Tim SAR Gabungan melakukan D’briefing dan memutuskan ops SAR dinyatakan selesai dan diusulkan untuk ditutup. Seluruh unsur potensi SAR dikembalikan kesatuan masing-masing,” tandasnya. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *