Tour de Banggai II, Bakal Jadi Ajang Jaring Atlet Kualifikasi PON 2024

Tour de Banggai II
Effendy Syamsul. / Ist

ReferensiA.id- Kejuaraan balap sepeda bertajuk Tour de Banggai II bakal digelar pada Juli 2023 mendatang. Event ini sebelumnya telah sukses saat pertama kali dihelat pada 2021 lalu sebagai ajang penjaringan atlet sekaligus memperkenalkan keindahan alam Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Effendy Syamsul, salah satu penggagas event Tour de Banggai II menuturkan, kejuaraan bakal digelar pada tanggal 15 Juli 2023. Kegiatan itu sekaligus memeriahkan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-65 Kabupaten Banggai.

“Rencana event ini sebelumnya kami telah sampaikan kepada pemerintah Banggai, Alhamdulillah, baik Bupati Banggai Amiruddin Tamoreka, beserta Forkompimda mendukung penuh kegiatan Tour de Banggai II,” kata pria yang akrab disapa Effen saat ditemui di Palu, Selasa 6 Juni 2023.

Dijelaskan Effen, peserta nantinya akan melewati rute sejauh 100 kilometer. Jika sebelumnya jalur mengambil start dari Kecamatan Toili menuju ke Kota Luwuk, tahun ini akan dilakukan sebaliknya.

Peserta akan disuguhkan keindahan alam Kabupaten Banggai yang pernah meraih penghargaan adipura. Selain itu peserta akan melintasi sejumlah perusahan di daerah tersebut.

Adapun kejuaraaan, kata Effen, bersifat terbuka dan akan mempertandingkan sejumlah nomor di kelas Road Bike (RB) mulai dari Men Open, Women Open, hingga Elite.

“Jika tahun lalu hadiahnya kurang lebih Rp10 Juta, maka tahun ini panitia menyiapkan hadiah Rp15 juta,” ungkap Effen.

Dia menambahkan, event ini tak hanya mengenalkan keindahan alam kabupaten Banggai, tetapi menjaring talenta atlet sepeda di Sulteng menuju babak kualifikasi PON 2024. RED

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *