Wagub Sulteng Minta Perbankan Lebih Fokus Dampingi UMKM

UMKM
Wagub Sulteng Ma'mun Amir saat memberikan sambutan dalam rapat pleno TPKAD Sulteng. / Ist

ReferensiA.id- Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Ma’mun Amir meminta industri perbankan supaya lebih fokus mendampingi UMKM. Sebab, menurutnya, UMKKM adalah ujung tombak membangun akselerasi ekonomi daerah.

“Kiranya kebijakan perbankan membantu masyarakat lebih terkosentrasi ke UMKM karena ini menjadi harapan kami ke depan,” kata Ma’mun Amir pada rapat pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sulteng di ruang Polibu, Selasa 24 Mei 2022.

Data yang dihimpun ReferensiA.id, pada kuartal IV-2021, hanya enam kabupaten di Sulawesi Tengah yang realisasi kredit UMKM-nya telah memenuhi target share 20% dari total kredit yang disalurkan. Enam kabupaten tersebut adalah Poso, Banggai, Tolitoli, Morowali, Parigi Moutong, dan Palu.

Sedangkan lima kabupaten lainnya belum mencapai target share 20% yakni Banggai Kepulauan, Buol, Tojo Unauna, Donggala dan Morowali Utara. Begitu data yang dipublikasikan Bank Indonesia dalam Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Tengah Februari 2022 seperti dikutip ReferensiA.id.

Adapun peserta rapat pleno TPAKD Sulteng mencakup Kepala OJK Sulteng Triyono Raharjo dan jajaran, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dr. Rudi Dewanto, SE, MM, OPD teknis lingkup provinsi dan kabupaten/kota, lembaga perbankan dan mitra kerja.

Wagub yang membacakan sambutan gubernur meminta supaya peserta dapat mencetuskan program-program mewujudkan akses keuangan yang produktif dan sinergitas anggota TPAKD membangun Sulteng.

Hal itu nantinya akan memberi efek percepatan bagi penyelesaian kemiskinan dan ketimpangan sosial yang jadi fokus pembangunan gerak cepat Sulteng lebih sejahtera dan lebih maju.

“Salah satu upaya yang harus kita lakukan dengan meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan layanan jasa keuangan seperti tabungan, kredit, asuransi, dana pensiun,” kata wagub, meyakini hal-hal ini dapat menekan jumlah kelompok marginal di Sulteng.

Dapatkan Update Berita Terbaru di Google NewsIklan Bawaslu Morowali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *