Iklan HUT korpri

1.180 Warga Pasigala Terima Program Bantu Guna

Program Bantu Guna
Proses verifikasi penerima program Bantu Guna di wilayah Kota Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. / Ist

ReferensiA.id – Sebanyak 1.180 warga Kota Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) Sulawesi Tengah menerima program Bantu Guna (Bantuan Non Tunai Multi Guna).

Program Bantu Guna itu merupakan program kemitraan yang dijalankan Save The Children Indonesia bersama Yayasan Sikola Mombine atas bantuan Pemerintah Australia Barat.

Yayasan Sikola Mombine melalui dukungan Yayasan Save The Children bekerja sama melalui program Response Covid-19 selama dua bulan, November 2021 hingga Januari 2022.

Baca Juga:  Omicron Terdeteksi di Sulteng, Begini Pesan Gubernur untuk Warga

Lewat program itu, kemudian disalurkan bantuan program Bantu Guna masing-masing sebesar Rp900 ribu untuk seribuan lebih warga di Pasigala.

“Sebanyak 1.180 orang penerima manfaat yang telah memenuhi minimal 3 dari 11 kriteria yang telah disepakati, dengan nominal bantuan yang diberikan sebesar Rp900 ribu. Pemberiannya dilakukan sekali,” ungkap Program Manager Response Covid-19 Fiani Rizky, Selasa 15 Februari 2022.

Baca Juga:  Sudah 23 Negara Laporkan Kasus Omicron, Kemenkes Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

Program kemitraan yang didukung oleh Pemerintah Australia Barat ini menggunakan metode Cash Voucher Assistance, bekerja sama dengan Kantor Pos Jakarta Selatan dan terhubung dengan Kantor Pos Sulawesi Tengah, serta melibatkan Kantor Pos unit terdekat dari wilayah intervensi untuk proses pendistribusiannya.

Program ini pun didukung penuh oleh pemerintah setempat mulai dari tahap identifikasi, verifikasi dan validasi data penerima manfaat hingga bantuan selesai tersalurkan.

Baca Juga:  BLT BBM di Kota Palu Sudah Mulai Disalurkan Hari Ini

“Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya konflik sosial yang akan muncul,” katanya.

Penyaluran bantuan pun dilakukan selama sepekan di Kantor Pos unit terdekat dari wilayah dampingan masing-masing di Kota Palu, Sigi dan Donggala.